blank
Ilustrasi kentang. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin cukup lengkap.

Mengkonsumsi rutin kentang secara tepat dinilai bisa membantu kamu menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, banyak manfaat kesehatan yang bisa dirasakan seseorang ketika rutin mengkonsumsi kentang.

Melansir dari Halodoc.com, kentang bermanfaat menjaga kesehatan tulang, hingga membantu kamu menjalankan pola diet jika kamu mengkonsumsinya dengan tepat.

Namun, kesalahan yang dilakukan saat makan kentang bisa membuat kamu gagal diet. Yuk, simak beberapa kesalahan makan kentang yang masih sering dilakukan banyak orang.

Sebuah penelitian yang ditulis dalam Journal of The American College of Nutrition, membandingkan penurunan berat badan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengikuti diet rendah kalori tanpa atau dengan kentang menemukan bahwa kentang tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, mengkonsumsi kentang secara rutin dengan baik dan benar dinilai juga mampu menurunkan berat badan. Namun, beberapa kesalahan yang umum dilakukan membuat manfaat kentang yang satu ini menjadi kurang optimal.

Simak beberapa kesalahan makan kentang yang bisa bikin gagal diet!

1. Mengolah kentang dengan tidak sehat

Sebaiknya jika kamu ingin mengkonsumsi kentang sebagai makanan sehat, perhatikan proses pengolahan kentang yang akan kamu konsumsi. Hindari mengolah kentang dengan cara digoreng atau membuat kudapan dengan campuran bahan lainnya.

Sebaiknya, buatlah kentang dengan cara dipanggang atau direbus. Selain itu, pastikan tambahan lainnya untuk kentang menggunakan bahan-bahan yang sehat. Hindari terlalu banyak mencampurkan susu dengan lemak tinggi atau keju.

2. Pastikan jumlah kentang yang dikonsumsi tidak berlebihan

Meskipun kentang dinilai mampu membantu kamu diet dan menurunkan berat badan, tetapi jika kamu mengkonsumsi kentang secara berlebihan, kondisi ini akan membuat diet kamu gagal.

Sebaiknya pastikan kamu mengkonsumsi kentang dengan jumlah asupan yang tepat. Dengan begitu, proses penurunan berat badan atau diet yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung dengan ahli gizi di rumah sakit terdekat agar asupan kalori yang kamu konsumsi tepat untuk menurunkan berat badan.

3. Mengonsumsi kentang tanpa kulit

Sebaiknya jangan membuang kulit kentang saat kamu akan mengkonsumsi kentang. Nyatanya, mengkonsumsi kulit kentang membuat asupan serat dalam kentang bertambah. Tentunya, kondisi ini bisa membantu kamu dalam proses diet.

Namun, sebelum mengkonsumsi kentang dengan kulitnya, jangan lupa untuk mencuci dan membersihkan kulit kentang dengan baik. Dengan begitu, kentang bisa dinikmati dan manfaatnya akan terasa lebih optimal.

4. Mengkonsumsi kentang sebagai makanan pendamping

Sebaiknya jadikan kentang sebagai pengganti makanan utama, seperti roti atau nasi. Jangan jadikan kentang sebagai pengganti dari makanan pendamping.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mengkonsumsi kentang. Sebaiknya pastikan mulai sekarang kamu mengolah kentang dengan cara yang tepat agar proses diet atau penurunan berat badan yang kamu jalankan dapat berhasil.

Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, kentang juga dinilai memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan. Mulai dari mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan fungsi otak dan sistem saraf, meningkatkan imunitas, serta menurunkan risiko peradangan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, konsumsi kentang dengan cara yang tepat!

Ning S