blank
Anggota Polsek Mertoyudan melatih baris berbaris, Sabtu (27 Mei). Foto: Eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Sebanyak 51 orang yang terdiri pembina pramuka, guru olahraga SD, SMP dan SMA/SMK se- Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, menerima pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di SMAN 1 Mertoyudan, Sabtu (27/5/2023) siang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka (Kwarran) Mertoyudan itu bekerja sama dengan Dinas Dikbud Korwil Mertoyudan dan Polsek Mertoyudan, Polresta Magelang. Lembaga tersebut selaku pembina atau pelatih.

“Pelatihan tersebut dalam rangka memupuk rasa kedisiplinan dan nasionalisme,” kata
Kapolsek Mertoyudan AKP Winadi.

Kapolsek memimpin pelatihan dibantu anggota Bhabinkamtibmas. Materi yang diberikan adalah PBB serta Tata Upacara Bendera di sekolah.

“Ada gerakan dasar PBB yang kami berikan kepada mereka. Mulai dari gerakan di tempat, gerakan berjalan dan gerakan perubahan arah,” terang AKP Winadi.

Dipaparkan, kegiatan PBB adalah wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan. Utamanya yang diarahkan demi terbentuknya perwatakan yang disiplin dan berjiwa nasionalisme.

“Harapannya dalam kehidupan sehari-hari di mana pun berada, sikap perilaku kita selalu disiplin dan berjiwa nasionalisme,” tandas Winadi.

Eko Priyono