Rektor Unisri Prof Dr Drs Sutoyo MPd tengah mewisuda seorang lulusan dengan memindahkan kucir wisudawan dalam acara di kampus setempat, Sabtu (27/5). Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Universitas Slamet  Riyadi (Unisri) Surakarta mewisuda 578 Sarjana baru  dan 330 wisudawan diantaranya berpredikat dengan pujian. Upacara wisuda bagi Sarjana Angkatan LXXIV dan Magister Angkatan XXXV berlangsung dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Slamet Riyadi dipimpin Rektor Prof Dr Drs Sutoyo MPd di kampus Unisri, Sabtu (27/5).

Rektor Unisri Prof Dr Drs Sutoyo MPd dalam sambutannya mengatakan, selama empat tahun mahasiswa menempuih kuliah  dan Univbersitas Slamet Riyadi  telah berusaha memberikan layanan yang terbaik.

Mereka yang diwisuda terdiri  507 sarjana dan 71 magister. Secara umum mahasiswa telah mendapatkan pembekalan meliputi, 1. Kompetensi  Profesional, 2. Kompetensi  Personal, 3. Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kewirausahaan.

Secara khusus para mahasiswa Unisri dibekali dan diberikan, 1. Kemampuan berbahasa Inggris serta sertifikat TOEFL ITP. 2. Sertifikat profesi  Lembaga Sertifikasi Profesi Unisri.

Lulusan  Unisri dalam menghadapi dunia kerja dan hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara diharapkan memiliki tiga jiwa. Yang pertama jiwa driver/ pengemudi bukan penumpang. Artinya lulusan harus mampu mengambil peran utama dan memegang kendali dalam segala lini  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kedua, jiwa pemain bukan penonton. Artinya lulusan harus mampu berbuat sesuatu terbaik di mana pun dan kapan pun.

Ketiga Jiwa pemberani. Artinya lulusan harus memiliki mental kuat, tegas, tangguh, berani mengambil langkah serta keputusan dan  menanggung resiko dari apa yang telah diperbuat.  Ada pepatah Jawa mengatakan, ”Nek wani aja wedi-wedi, nek wedi aja wani-wani.”

Bagus Adji