Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Semarang (UKM KSR PMI Unit USM) menyelenggarakan Seminar Pendidikan Remaja Sebaya bertajuk ''Pentingnya Mental Health dan Pencegahan Seks Bebas'' di Lantai 6 Gedung V Prof Ir Soetata Hadihardaja USM pada 27 Mei 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Semarang (UKM KSR PMI Unit USM) menyelenggarakan Seminar Pendidikan Remaja Sebaya bertajuk ”Pentingnya Mental Health dan Pencegahan Seks Bebas” di Lantai 6 Gedung V Prof Ir Soetata Hadihardaja USM pada 27 Mei 2023.

Ketua Panitia, Adellya Marsyanda mengatakan, kegiatan yang diikuti 60 peserta itu tersebut diselenggarakan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental dan pencegahan seks bebas.

Sebab selama ini fenomena yang berkembang di masyarakat tidak sedikit adanya kasus perkawinan dini hingga peningkatan seks pada remaja.

”Kegiatan ini lebih kepada cara penanganannya dan biasanya remaja banyak yang tidak terlalu mementingkan kesehatan mental. Oleh karena itu kita gabungkan membahas mental health dan pencegahan seks bebas,” katanya.

Kegiatan dibuka Kasi SMA/SLB Cabang Dinas Pendidikan, Toenggoel Rahso Poernomo. Kegiatan menghadirkan narasumber Dosen Psikologi USM, Anna Dian Savitri Spsi Msi Psikolog dan Dokter Umum PMI Kota Semarang, dr Adu Khuntoro Mkes.

Adelia berharap, kegiatan tersebut dapat menambah wawasan bagi remaja akan pentingnya mental health dan pencegahan seks bebas.

”Kami berharap, kegiatan ini dapat menambah wawasan bagi remaja tentang pentingnya mental health dan pencegahan seks bebas serta dapat meneruskan ilmunya ke teman-teman yang lain. Dengan begitu, akan dapat mengurangi angka kasus seks bebas,” ungkapnya.

Muhaimin