blank
Pelatihan Literasi untuk Pelajar Karimunjawa, Ditampilkan Para Juara Fashion untuk Inspirasi.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 150 pelajar SMK Negeri 1 Karimunjawa telah mengikuti pelatihan literasi, Sabtu (27/5-2023) malam. Pelatihan berlangasung di lapangan olahraga indoor sekolah tersebut.

blank
Para juara Fashion Show Kado untuk Ibunda sebagai inspirasi dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pada pembukaan acara ini ditampilkan pula para juara Fashion Show Kado untuk Ibunda sebagai inspirasi dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Peraga busana yang tampil adalah Defania Ayu Firmansyah SMK 2 Jepara, Nahida Rahma Mumtaza SMKN 2 Jepara, Novia Dwi Amelia SMKN 2 Jepara, Meisa Elok Nurjanah MAN 1 Jepara, dan Balqish Sylvana Novitania SMPN 1 Jepara.

blank
Ketua MGMP Tata Busana SMK Jawa Tengah Indria Mustika.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber Hadi Priyanto Ketua Forum Penulis Jepara yang juga wartawan SUARABARU.ID, Ketua MGMP Tata Busana SMK Jawa Tengah Indria Mustika, Suhadi Kepala UPT Puskesemas Karimunjawa serta Amaliyatul Hidayah Rofiq Duta Wisata tahun 2019 dan peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Pelatihan dibuka oleh Kepala SMKN 1 Karimunjawa Patto Prawansyah.

blank
Amaliyatul Hidayah Rofiq Duta Wisata tahun 2019 dan peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Pada kesempatan ini Patto Prawansyah mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Jepara dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jawa Tengah yang memberikan dukungan pada kegiatan literaai. ” Harapan kami pelatihan ini dapat menjadi motivasi bagi para pelajar Karimunjawa untuk berprestasi, ” ujar Patto Prawansyah

“Pelatihan literasi mencakup literasi menulis, literasi teknologi informasi dan literasi kesehatan. Harapannya melalui pelatihan ini, para pelajar di Karimunjawa tumbuh minat untuk menulis dan memahami tentang manfaat literasi dalam mengembangkan potensi diri dan bagi kemajuan daerahnya, ” ungkap Patto.

Sementara Hadi Priyanto memgungkapkan, Karimunjawa sebagai kawasan strategis pengembangan wisata nasional memerlukan dukungan putra putri Karimunjawa yang progresif. “Dengan demikian mereka dapat menjadi tuan rumah dan tidak hanya menjadi penonton di wilayahnya sendiri.” ujarnya

Melalui literasi menurut Hadi, dapat menjadi pintu masuk bagi anak-anak Karimunjawa untuk berkontribusi terhadap masa depan wilayah yang terdiri dari 27 pulau ini. “Melalui literasi, siswa mendapatkan pengetahuan lebih. Bukan hanya yang didapat dari para guru. “Tetapi mereka bisa secara kreatif mengembangkan potensi dirinya sendiri”, ujar Hadi Priyanto.

Sementara Indria Mustika menekan tentang pentingnya kreativitas dan inovasi bagi siswa. ” Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan ruang bagi siswa untuk mengexplore potensi dirinya melalui bidang yang diminati, ” ujar Indria Mustika yang juga guru SMKN 2 Jepara.

Ia mengajak siswa untuk cerdas memanfaatkan smartphone yang dimiliki. “Gunakan teknologi untuk mengembangkan potensi diri kalian, ” ujar Indria Mustika.
Seda gkan Suhadi menyampaikan pentingnya mengkonsumsi tablet tmbah darah bagi siswi. Terutama yng sedang datang bulan hrus minum tmbah darah selama masa datang bulan. Karena angka penderita kurang darah diderita oleh remaja putri.

Hadepe