blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (PkM FTIK USM) memberikan Pelatihan Pengembangan Konten Editing Foto pada pelaku UMKM di Kampung Jawi Kecamatan Gunungpati pada 24 Mei 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (PkM FTIK USM) memberikan Pelatihan Pengembangan Konten Editing Foto pada pelaku UMKM di Kampung Jawi Kecamatan Gunungpati pada 24 Mei 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Dinar Anggit Wicaksana, S.Si., M.Pd, anggota Febrian Wahyu Christanto, S.Kom., M.Cs., serta Agus Hartanto, S.Kom., M.Kom.

Kegiatan didanai Universitas Semarang. Kegiatan diikuti 12 anggota UMKM Kampung Jawi.

Ketua PkM USM, Dinar mengatakan, melalui pelatihan ini peserta diajak untuk melakukan praktik dengan melakukan editing foto dengan menggunakan salah satu aplikasi edit foto yaitu Canva. Canva sendiri merupakan sebuah aplikasi pengeditan foto berfitur lengkap dan profesional untuk perangkat iOS dan Android.

”Pelatihan ini juga melibatkan mahasiswa FTIK USM yaitu Liem Angelita Rafika Hanjaya Putri dan Veren Yeriko Dirgantara. Para peserta antusias mengikuti pelatihan. Banyak pertanyaan dari peserta yang dijelaskan oleh pemateri baik terori maupun praktik,” ujarnya.

Ketua Pokdarwis Kampung Jawi, Siswanto mengatakan, pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan dalam memasarkan produk UMKM melalui platform Instagram. Mereka bisa menggunggah foto yang sudah jadi dalam melakukan editing melalui Canva.

”Kami berterima kasih kepada tim PkM USM, karena telah menularkan ilmu kepada para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka,” tutur Siswanto.

Dia berharap, para anggota Kampung Jawi Gunungpati nantinya bisa memanfaatkan Instagram atau platform medua sosial yang lain untuk media promosi produk mereka.

Muhaimin