blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Bupati Grobogan, Sri Sumarni menyampaikan, kepala desa se-Kabupaten Grobogan harus pandai melihat peluang dan potensi yang ada di wilayahnya.

Bupati Grobogan meminta para kepala desa harus kreatif dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengurangi tingkat pengangguran.

“Di antaranya melalui pengembangan ekonomi lokal desa seperti pengembangan UMKM, BUMDesa, pengembangan desa wisata, pertanian, produk unggulan desa dan lain sebagainya,” ujar Sri Sumarni dalam sambutannya pada kegiatan Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023 Pada Pemerintah Kabupaten Grobogan, Kamis, 26 Mei 2023.

Sri Sumarni juga meminta tolong kepada kepala desa agar pengelolaan dan pemanfaatan Dana Desa dan anggaran desa lainya, untuk dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin.

“Sesuai aturan, cepat dalam penyerapan anggaranya, bagus pelaksanaannya dan yang tidak kalah pentingnya, adalah pertanggungjawaban atau SPJ-nya harus dibuat dengan benar,” tegasnya.

Semua harus seimbang, sebaik apapun pelaksanaanya tetapi jika SPJ-nya tidak dibuat atau tidak benar, maka akan berpotensi merugikan para kepala desa sendiri,” tambah ibunda dari Indri Velawati ini.

Bupati Sri Sumarni yang telah menjabat sebagai bupati dua periode ini juga meminta kepala desa dan seluruh perangkatnya agar menghindari konflik internal, yang akan berujung pada permasalahan hukum, yang harus ditangani APH.

“Saya akan berusaha mendukung dan melindungi Bapak/Ibu sekalian asalkan sudah berbuat yang terbaik dan benar,” tambahnya.

“Memang pengawasan semakin ketat dan bisa dari mana saja. Tetapi asalkan kita benar, maka jangan pernah ragu-ragu, untuk terus bersemangat membangun desanya,” tegas dia.

Dalam kegiatan itu dihadiri perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Anggota DPD Provinsi Jawa Tengah, Casytha A Kathmandu dan juga seluruh kepala desa dan camat se Kabupaten Grobogan.

Tahun Politik

Jelang Pilkada 2024, Bupati Grobogan Sri Sumarni menitipkan pesan kepada para kepala desa untuk menjaga kebersamaan, tetap solid dan kompak.

“Jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu yang hanya ingin mencari-cari kesalahan tanpa solusi, apalagi berita-berita HOAX yang hanya akan memecah belah, bahkan janji yang juga belum tentu bisa dipenuhi,” ujarnya.

Sri Sumarni mengungkapkan tidak bisa dihindari, kadang tahun politik memang dimanfaatkan oleh oknum, untuk kepentingan pribadi/kelompoknya.

“Tolong dibantu untuk kesuksesan Pemilu serentak 2024. Khusus untuk Pilkada akan ada saatnya melalui mekanisme tersendiri,” tambahnya.

“Dan siapa pun yang akan diusung dari Partai kami, tentunya nanti adalah alternatif terbaik,” harapnya.

Juara Lomba

Bupati Grobogan Sri Sumarni juga mengucapkan selamat kepada para pemenang Lomba Desa tingkat Kabupaten Grobogan.

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada para pemenang Lomba Desa tingkat Kabupaten,” ujarnya.

Desa yang mendapat juara dalam lomba ini yakni Desa Klitikan di Kedungjati, Desa Ngrandah di Toroh, dan Desa Kradenan, Kecamatan Kradenan.

Para juara ini berhak mendapatkan hadiah berupa berupa piagam penghargaan dan hadiah uang pembinaan, masing-masing Rp 30 Juta, Rp20 Juta dan Rp10 Juta.

“Kemudian bagi Juara I, yaitu Desa Klitikan Kecamatan Kedungjati, persiapkan diri dengan baik karena akan mewakili Kabupaten Grobogan untuk diikutsertakan pada lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah,” harapnya.

Tya wiedya