blank
Para pelajar yang terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), berbaris rapi membawa bendera Merah Putih untuk dikibarkan pada tiang di halaman Pendapa Kabupaten Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – ”Saat ini dan seterusnya, mari kita isi kemerdekaan dengan semangat kebangkitan nasional, diiringi dengan semangat nasionalisme yang tinggi,” tegas Wakil Bupati (Wabup) Pacitan, Gagarin.

Penegasannya itu, Senin (22/5), disampaikan saat mewakili Bupati Pacitan menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-115, yang dipadukan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara tersebut digelar di halaman Pendapa Kabupaten Pacitan. Ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang berseragam busana warna putih-putih.

Sebagai inspektur upacara, Wabup Gagarin, membacakan sambutan tertulis Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji. Ditandaskan, kebangkitan bangsa merupakan titik tolak perjuangan bangsa Indonesia menghadapi penjajah melalui jalur politik dan organisasi, hingga akhirnya bangsa Indonesia bisa mendeklarasikan kemerdekaannya. Organisasi pertama muncul dengan nama Budi Utomo, berdiri tanggal 20 mei 1908.

Pertumbuhan

Terkait dengan momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), diharapkan pendidikan dapat lebih maju untuk menggapai tujuan negara, yaitu mencerdaskan bangsa berdasarkan UUD 1945.

Begitu juga melalui peringatan Hari Otonomi Daerah akan menjadi momentum membangkitkan semangat membangun daerah. Capaian kinerja Kabupaten Pacitan Tahun 2022, telah menuju tren positif.

Angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pacitan mengalami kenaikan 3,05 persen dibandingkan Tahun 2021. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga naik 0,8 persen, sedangkan angka kemiskinan turun sebesar 1,3 persen.

Bambang Pur