blank
Pelaksanaan tes computer assisted test (CAT) psikologi seleksi Bintara gelombang 1. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menyebut, insiden listrik mati saat pelaksanaan tes computer assisted test (CAT) psikologi seleksi Bintara gelombang 1 bukan sabotase atau kesengajaan untuk menggugurkan calon Bintara tertentu.

Diketahui, insiden listrik mati itu terjadi di tempat pelaksanaan CAT, yakni di SMK N 7 Semarang pada Selasa 16 Mei 2023.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jateng, Kombes Pol. Yohanes Ragil Heru Susetyo melalui Kepala Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jateng, AKBP Novian menjelaskan, saat listrik mati sumber daya langsung dialihkan ke genset.

“Jadi saat listrik mati, genset langsung naik. Itu tidak sampai 1 menit,” ungkapnya, Minggu (21/5/2023).

Dikatakan, ada 10 orang peserta yang mengeluhkan perihal itu. Pihak Polda Jateng sebagai panitia daerah (panda) sudah menampung keluhan itu. Salah satunya berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk memberikan hasil tes psikogram alias hasil jawaban dari peserta.

“Seleksi ini, adalah proses terpusat. Penyelenggaranya Mabes Polri, sehingga soal server juga dari Mabes Polri. Polda Jateng sebagai Panda menyediakan piranti kerasnya, yakni komputer hingga ruangan tes.
Jawaban semua peserta tersimpan baik di server Mabes Polri,” jelasnya.

Sebanyak 10 peserta yang protes itu, termasuk para orangtua mereka, sudah melihat langsung hasil psikogram mereka. Termasuk diberikan penjelasan, disaksikan pengawas internal dan eksternal.

Hasil dari tes masing-masing peserta yang protes itu, ternyata ada yang mendapatkan nilai Kurang Sekali (KS) dan Kurang (K) lebih dari 1 aspek. “Ada 4 sub tes. Jadi ada kekurangan dari beberapa aspek, sudah kami lihatkan ke orangtuanya dan peserta, mereka memahami. Listrik yang sempat padam ini tidak mempengaruhi proses pelaksanaan tes psikologi,” sambungnya.

Selain itu, ketika terjadi listrik padam, panitia langsung menghubungi pihak PLN untuk datang ke SMK N 7 Semarang. Setelah dicek petugas PLN, didapati kesimpulan beban listrik saat pelaksanaan CAT lebih besar dari kapasitas yang ada dan diberi solusi agar mengurangi alat listrik yang tidak digunakan agar dimatikan. Saat itu seluruh kegiatan belajar mengajar di sana juga sedang berlangsung.

Gelombang 1 tes psikologi itu dimulai pukul 05.30 WIB dengan apel pengecekan, kemudian pukul 06.00 WIB peserta memasuki kelas untuk persiapan tes CAT psikologi yang berakhir pukul 12.10 WIB.

Ning S