blank
Pengasuh pesantren Girikusumo, Mranggen, Demak, KH Munif Zuhri, memberikan dukungannya kepada Gus Muhaimin (Ketum PKB) saat acara Rembug Kebangsaan Kiai Sepuh NU se-Jawa di Ponpes Girikusumo, Kamis (18/5/2023) malam. Foto: Hp

DEMAK (SUARABARU.ID) – Pengasuh pesantren Girikusumo, Mranggen, Demak, KH Munif Zuhri menegaskan Abdul Muhaimin Iskandar merupakan sosok yang pantas untuk mewakili Nahdlatul Ulama (NU) dalam kontestasi Pilpres 2024.

Tak hanya itu saja, Kiai karismatik yang biasa disapa Mbah Munif ini menyatakan kesiapannya untuk sama-sama berjuang bersama politisi yang kini biasa disapa Gus Muhaimin tersebut.

“Ini bagian menyuarakan aspirasi saya, agar kepemimpinan di negeri ini ada keterwakilan NU. Siapa lagi? Menika, Gus Muhaimin Iskandar,” ujarnya dalam acara Rembug Kebangsaan Kiai Sepuh Nahdlatul Ulama se-Jawa di Ponpes Girikusumo, Kamis (18/5/2023) malam.

Selain Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang hadir dalam acara itu, turut hadir pula Ketua DPW PKB Jateng KH M Yusuf Chudlori.

Sejumlah tokoh lainnya yang hadir di antaranya KH Badawi Basyir dari Kudus, KH Hanif Ismail (Semarang), KH Nur Hidayatullah (Wonosobo), KH Musyafa Zein (Grobogan), dan KH Anis Maftuhin (Semarang), serta ratusan kiai pengasuh pondok pesantren lainnya.

Tak ketinggalan sejumlah anggota dewan juga turut hadir, seperti Anggota DPR RI Fathan Subchi, KH Alamudin Dimyati Rois, Marwan Jafar, hingga Abdul Kadir Karding.

Dari DPRD Jateng tampak Wakil Ketua H Sukirman, Fuad Hidayat, Abdul Hamid, Ida NS, Zein Adv, Deni Septivian, Chamim Irfani, Rosidah, dan Ketua Fraksi PKB Syarif Abdillah.

Bagi Mbah Munif, sosok Gus Muhaimin memenuhi berbagai persyaratan untuk memimpin negeri ini. Apakah harus menjadi Capres atau Cawapres, Mbah Munif menyerahkan sepenuhnya kepada Gus Muhaimin.

“Saya minta doa restunya. Semoga aspirasi ini bagian dari perjuangan ke NU-an saya. Beliau yang akan rembugan sendiri (dengan parpol pengusung), yang penting sosok dari NU hadir. Saya hanya matur i love you, aku padamu,” ujar Mbah Munif di depan Gus Muhaimin dan peserta yang hadir.

Sementara itu, Gus Muhaimin menyatakan, PKB akan tetap menjadi penentu dalam peta politik 2024. Hal ini lantaran PKB punya blok kekuatan suara sendiri, sehingga siapa yang mendapat blok ini pasti akan menang.

“Ini karena PKB tidak sekadar menawarkan visi, tapi langkah konkret untuk memberi solusi kepada masyarakat. kita harus terus merawat kekuatan ini. Meski demikian hal itu membuat sejumlah kelompok lain tak senang, tapi alhamdulillah bisa diatasi dengan aman karena kita selalu ditunggui, didoakan, dan di back up oleh para kiai,” terangnya.

Hery Priyono