blank
Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar kegiatan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin (FMD) atau Capacity Building yang berlangsung di Borobudur Silver Magelang. Foto: Dok/Kanwil

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar kegiatan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin (FMD) atau Capacity Building yang berlangsung di Borobudur Silver Magelang pada Rabu (17/5/2023).

Hadir dalam kegiatan, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dr. A. Yuspahruddin yang didampingi seluruh Kepala Divisi antara lain, Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian, Wishnu D. Fajar dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan.

Menurut Yuspahruddin, pengembangan diri (personal development) dan tim (team development) dalam suatu instansi penting dilakukan. Salah satu manfaatnya adalah untuk menunjang perbaikan kualitas kerja.

“Kali ini Kanwil Kemenkumham Jateng bukan hanya mengadakan FMD saja tetapi juga pengarahan singkat dari narasumber tim Bank Syariah Indonesia (BSI) yang memberikan materi bertema hospitality,” ujarnya.

“Salah satu fungsi ASN adalah pelayan publik, walaupun kita bekerja di kantor menggunakan pangkat yang tinggi dan mengkilat tetapi kita ini tetap “pelayan” untuk masyarakat. Untuk meningkatkan pelayanan, kita harus memahami bagaimana cara melayani masyarakat dengan baik,” jelas Yuspahruddin

Yuspahruddin mengimbau agar seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah untuk menikmati kegiatan.

“Kita happy saja, kalau ada permainan kita ikuti dengan berbahagia, jadi kita kembali ke rumah atau ke kantor dalam keadaan lebih fresh,” sambungnya.

Sementara itu, perwakilan dari BSI Magelang, Mohammad Safirudin mengatakan, bahwa pelayanan adalah memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai atau melampaui ekspetasi masyarakat.

“Melayani masyarakat atau pemohon pelayanan harus berasal dari hati, jika kita sedang berada dalam kondisi suasana hati yang buruk coba perbaiki mood terlebih dahulu, agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal,” ungkap Safirudin

Dalam kegiatan FMD diikuti pegawai Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, mulai dari Pimti Pratama, pejabat administrasi, pejabat fungsional hingga PPNPN.

Ning S