Lestari Moerdijat (ketiga dari kiri), saat memberikan sambutannya, dalam acara baksos dan halal bihalal, yang digelar Iluni UI wilayah Jateng, di Baturraden, Purwokerto, Kamis (18/5/2023). Foto: lmc

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dorongan untuk memperkuat persatuan dan persaudaraan harus menjadi kepedulian bersama. Para alumnus perguruan tinggi, dituntut berperan aktif dalam memperkokoh persatuan dan kesejahteraan anak bangsa, agar mampu menjawab berbagai tantangan.

”Memperkokoh nilai-nilai persatuan dan persaudaraan antaranak bangsa, adalah salah satu upaya penting dalam menghadapi berbagai tantangan ketidakpastian, dengan simpul krisis yang menyertainya,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam sambutannya pada acara Bakti Sosial dan Halal Bihalal, yang diselenggarakan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) wilayah Jawa Tengah, di Baturraden, Purwokerto, Kamis (18/5/2023).

Bakti Sosial dalam bentuk pemeriksaan tulang gratis bagi masyarakat di kawasan Baturraden itu, didukung Iluni Fakuktas Kedokteran UI di Banyumas, Rumah Sakit Ortopedi Purwokerto dan Puskesmas Baturraden.

BACA JUGA: Kapolres Wonogiri Pimpin Pengamanan Misa Kenaikan Isa Almasih

Masyarakat yang datang dalam bakti sosial itu, selain mendapat penyuluhan, pemeriksaan dan konsultasi gratis, juga menerima sembako dan vitamin yang dibutuhkan, untuk menjaga kesehatan tulang.

Menurut Lestari, menyelenggarakan bakti sosial sekaligus halal bihalal adalah realisasi dari upaya membangun semangat kebersamaan, untuk saling menjaga dan memperkuat persatuan antarsesama anak bangsa, dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada saat ini.

Rerie sapaan akrab Lestari, yang Penasihat Iluni UI itu, mengajak seluruh masyarakat dan para alumnus perguruan tinggi, untuk berperan aktif merefleksikan nilai-nilai kebangsaan dan budaya. yang diwariskan para pendahulu bangsa ini.

BACA JUGA: KAI Bagikan Tiket Eksekutif Gratis untuk Pelanggan KA Kaligung, Kamandaka dan Joglosemarkerto

Jajaran Iluni UI berfoto bersama Lestari Mordijat, selaku Penasihat Iluni, saat menggelar kegiatan baksos dan halal bihalal, di Baturaden. Foto: lmc

Karena, tegas Rerie, yang juga legislator dari Daerah Pemilihan II Jateng itu, melalui penguatan solidaritas, kolaborasi, kebersamaan dan kesetiakawanan, akan mampu senantiasa bersatu dalam keberagaman.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Iluni UI Jateng, Cahyo Seftyono menegaskan, paguyuban dalam bentuk Iluni UI ini, tidak semata menjadi ajang kumpul-kumpul, melainkan harus memberikan manfaat kepada masyarakat.

”Kolaborasi dengan berbagai pihak harus terus dibangun, untuk memperluas manfaat bagi masyarakat,” tegasnya.

BACA JUGA: Respon Kebutuhan Lowongan Kerja Unissula Gelar Job Fair

Ketua Iluni FK UI, Komisariat Banyumas Raya, Iman Solichin yang merupakan dokter ahli ortopedi itu, memberikan motivasi kepada masyarakat, agar tidak mengabaikan kesehatan tulang, dengan rajin mengonsumsi susu, telur dan berbagai sumber vitamin D, dari konsumsi makanan sehari-hari.

”Warga Banyumas yang juga menjadi alumni UI, dituntut untuk bekontribusi lebih luas lagi bagi kesejahteraan masyarakat,” pinta dia.

Pada penutup rangkaian kegiatan itu, Ketua Umum Iluni UI, Didit Ratam berpesan, agar semua anggota sepenuhnya mendukung berbagai ragam kegiatan di Jateng ini, dalam menggalang persaudaraan dan pengabdian kepada masyarakat.

Hadir juga pada acara itu, dr Syarief Djatie Sp M (dokter senior alumni UI 1963), Endang Mariani (Ketua Harian Iluni UI), Agus Taufiq (Wakil Sekjen Iluni UI), serta Missi Arsita Lawalatta (Ketua Alumni Peduli Center).

Riyan