blank
Polisi melakukan pengamanan di sekitar gereja, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Polresta Magelang melakukan pengamanan, patroli dan monitoring pelaksanaan rangkaian ibadah Kenaikan Isa Almasih. Itu dilaksanakan di 47 gereja yang tersebar di 13 Kecamatan, Kamis (18/5/2023).

Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono melalui Kasat Samapta AKP Soedjarwanto menjelaskan, terkait pengamanan ibadah Kenaikan Isa Almasih sudah dilakukan pengecekan tempat ibadah umat Katholik dan Kristiani yang akan digunakan ibadah Kenaikan Isa Almasih. “Sudah kami lakukan sterilisasi dan telah ditempatkan personel untuk melaksanakan pengamanan sampai dengan selesai kegiatan,” jelas AKP Soedjarwanto.

Dijelaskan pula, dua jam sebelum kegiatan ibadah dimulai, dilakukan sterilisasi oleh Tim Gabungan Personel Polresta Magelang. Untuk itu telah  disiapkan Quick Reaction Team (QRT) dan gabungan personel pengamanan dari Polresta Magelang, Polsek dan TNI Koramil setempat. Juga didampingi pengamanan internal gereja dan panitia pelaksanaan ibadah.

Penyisiran dilakukan oleh tim gabungan pengamanan di lokasi kegiatan. Dengan sasaran tempat, barang dan orang di lokasi yang digunakan untuk ibadah. Meliputi area kursi jemaat, altar gereja, auditorium, ruang panel, taman gereja, parkir, serta lokasi sekitar tempat ibadah.

“Sterilisasi dan pengamanan gereja dilaksanakan dengan tujuan untuk memastikan tidak ada hal-hal yang bisa mengganggu jalannya ibadah,” katanya.

Ditambahkan, Polresta Magelang menerjunkan 99 personel dan 66 dari Polsek di hari pertama kegiatan ibadah (17/5). Yakni di 15 gereja yang berada di 10 kecamatan. Selanjutnya di hari kedua yakni hari ini (18/5) menerjunkan kembali 99 personel Polresta Magelang dan 125 personel dari Polsek di 47 gereja yang tersebar di 13 kecamatan.

“Semua dilakukan guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh umat yang menjalankan ibadah tersebut,” pungkasnya.

Eko Priyono