blank

SUARABARU.ID Ratusan lulusan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) serta pencari kerja mendatangi Job Fair Unissula 2023 di kampus Jalan Kaligawe, Kamis (18/2023).

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH mengatakan, ada sedikitnya 42 perusahaan umum dan 38 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dibina oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang yang ikut dalam kesempatan ini.

”Untuk perusahaan, baik itu yang sudah bekerjasama atau belum dengan Unissula. Job Fair ini menciptakan lapangan kerja, untuk menjaring lulusan yang unggul,” jelasnya.

Job Fair Unissula 2023, berlangsung Kamis dan Jumat (18 dan 19/5/2023) di auditorium kampus Jalan Kaligawe. Acara yang digelar untuk lulusan Unissula dan umum ini juga dalam rangkaian reuni akbar alumni: tilik kampus Unissula

”Alhamudilliah kami menggelar Job Fair 2023, kami mengundang lulusan PTN dan PTS yang belum mendapatkan pekerjaan, untuk mendaftar di perusahaan yang sesuai dengan ilmu dan kompetensinya. Sehingga diharapkan dengan Job Fair ini, memperkecil waktu tunggu lulusan yakni tidak lebih dari tiga bulan untuk bisa bekerja,” paparnya.

Menurut rektor, untuk lulusan Unissula, telah mengintegrasikan ilmu scient dan agama, menjaga hati, mengikuti ajaran rasulullah, dan amanah untuk memberi andil membangun bangsa Indonesia. Alumni Unissula juga menghormati dan memuliakan kedua orangtua. ”Oleh karena itu banyak perusahaan yang menginginkan lulusan kami untuk bisa bergabung,” jelasnya.

Hadir dalam kesempatan ini Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Hasan Thoha Putra, Ketua Pembina YBWSA Azhar Combo, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang Dr Sutrisno.

Dalam sambutannya, Kepala Disnaker Kota Semarang Sutrisno mengatakan, Job Fair ini diharapkan bisa mengurangi laju angka pengangguran, bermanfaat membantu pemerintah untuk menyediakan alterntif perusahaan dan menyediakan kesempatan bagi lulusan perguruan tinggi untuk mendaftar.

Angga, HRD PT Solo Murni (Kyky) mengatakan, pihaknya membuka lowongan pekerjaan untuk sejumlah posisi. Sehingga bagi yang mendaftar nantinya akan direkap dan menjalani tes sebelum diterima.

Sementara itu, salah satu pengunjung Job Fair, Selvi yang merupakan lulusan Fakultas Hukum Unissula, berharap bisa diterima di salah satu perusahaan yang membuka lowongan di Job fair Unissula 2023 ini.

Acara juga dibarengi dengan penandatangan kerjasama antara Unissula dengan Disnaker Kota Semarang dan sejumlah perusahaan.