blank
Atlet Jateng yang sukses meraih medali di SEA Games 2023 Kamboja, diharapkan bisa meneruskan prestasi itu di PON 2024 mendatang. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana berharap, prestasi gemilang para atlet Jateng di SEA Games 2023 Kamboja, bisa berlanjut di PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Disampaikan dia, atas nama KONI Jateng, pihaknya mengapresiasi kontribusi para atletnya, yang turut menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia. Menurutnya, 44 atlet dari 19 cabang olahraga yang memperkuat Timnas Merah Putih, sebanyak 41 atlet mampu memberikan medali pada pesta olahraga Asia Tenggara itu.

”Ada 41 atlet yang memberikan kontribusi medali. Kami akan endorse mereka tampil di PON mendatang. Kehadiran mereka diharapkan memberikan kebangkitan prestasi olahraga Jateng di tataran Nasional,” kata Bona, di sela-sela acara Halal Bihalal dan Silaturahmi Keluarga Besar KONI Jateng, di kantor setempat, Komplek GOR Jatidiri, Semarang, Rabu (17/5/2023).

BACA JUGA: Atlet Jateng Peraih Medali SEA Games 2023 Ingin Wujudkan Mimpi

Dikatakannya, pada SEA Games Kamboja, sejumlah atlet Jateng tampil impresif di sejumlah cabang, seperti wushu, pencak silat dan sepak bola. Bahkan, lima pemain dalam tim sepak bola Indonesia, berasal dari Jateng.

”Suatu kebanggaan bagi kita, anak-anak Jateng ikut menorehkan medali medali emas di cabor sepak bola, yang sudah ditunggu-tunggu selama 32 tahun,” tambah Bona.

Dalam acara itu, hadir Wakil Ketua Umum KONI I hingga V, Bambang Rahardjo Munadjat, Soedjatmiko, Harry Nuryanto, Amir Machmud NS, Sudarsono, Sekum Achmad Ris Ediyanto, Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara, serta staf dan karyawan.

BACA JUGA: Rektor USM Siapkan Penghargaan bagi Dewangga dan Christian Adinata

Pada kesempatan itu juga, Bona juga akan ikut merekomendasikan para atlet berprestasi yang meraih medali di SEA Games, untuk mendapatkan pekerjaan. Sejauh ini, pihak perguruan tinggi hanya bisa memberikan beasiswa pendidikan.

”Untuk pekerjaan memang kami hanya merekomendasi, memberikan endorsement khusus. Tapi saya setuju dengan apa yang disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, untuk turut mendorong agar Kemen PAN RB ikut memberikan reward kepada atlet berprestasi,” imbuhnya.

Dia menegaskan, pencapaian 41 atlet Jateng di SEA Games sangat membanggakan. Kunci keberhasilan itu, karena semangat tanding yang tinggi, support dan monitoring dari semua lini, serta penyelenggaraan SEA Games Kamboja yang menjunjung fairplay.

BACA JUGA: Kemenangan Tim Sepak Bola di Sea Games Kamboja Tak Lepas dari Tiga Mahasiswa Udinus

Sebelumnya, Ganjar juga turut bangga atas prestasi mengagumkan atletnya di kancah SEA Games, yang disebutnya luar biasa. Gubernur juga senang dan mengapresiasi langkah KONI, yang memberikan apresiasi berupa uang saku kepada para atlet dan pelatih.

Meskipun jumlahnya masih terbatas, kata dia, ini merupakan bentuk rasa cinta kepada para atlet yang mengharumkan nama Jateng dan Indonesia.

Acara halal bihalal diakhiri dengan tausiyah yang dibawakan dai dari Kota Semarang, KH Supandi.

Riyan