blank
Ganjar secara simbolis memberikan bonus untuk atlet Jateng yang mampu mempersembahkan medali untuk Indonesia, di ajang SEA Games 2023, Kamboja. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bahagia dan tenang dirasakan Tarisah Dyah Florentina, atlet Wushu asal Blora. Raihan medali emas di SEA Games 2023, membawanya bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Tak sekadar bertemu untuk menerima bonus atlet dari KONI Jateng, mimpi Tarisah yang bercita-cita sebagai abdi negara, juga akan diupayakan untuk diwujudkan.

Momen itu terjadi di acara halal bihalal bersama insan olahraga Jateng, di Kantor KONI Jateng, kompleks GOR Jatidiri, Semarang, Rabu (17/5/2023). Di depan Ganjar, Tarisah mengungkapkan cita-citanya ingin menjadi PNS usai lulus kuliah.

BACA JUGA: Bawaslu Pastikan Pengajuan Bakal Calon Legislatif di Kota Semarang Sesuai Regulasi

”Dari Doplang, Pak. Kuliah di Unnes. Setahun lagi lulus. Cita-citanya jadi PNS,” kata Tarisah.

Mendengar itu, Ganjar langsung mengacungkan jempol dan mendorong KONI Jateng untuk membantu Tarisah mewujudkan asanya. Tentu hal ini menggembirakan bagi Tarisah.

”Pesan dari Pak Ganjar harus segera lulus, biar bisa cepat kerja. Pak Ganjar juga memperhatikan masa depan kami bakal diapresiasi juga,” imbuhnya.

BACA JUGA: Bertemu PPL dan Gapoktan, Bupati Pacitan: Gunakan Pupuk Organik

Selama ini, tuturnya, Pemprov dan KONI Jateng selalu memberikan dukungan dan perhatian terhadap keberlangsungan para atlet. Termasuk di cabang olahraga wushu juga difasilitasi dengan baik.

”Pemprov Jateng selalu memperhatikan atlet, dari uang saku juga, terus alat-alat buat latihan juga, didukung penuh,” ungkap dia.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo mengaku bangga dengan prestasi para atlet Jateng yang berlaga dalam SEA Games 2023. Laporan KONI Jateng, dari total 44 atlet asal Jateng yang bertanding, 41 di antaranya berhasil membawa pulang medali.

blank
Tiga dari 41 atlet Jateng yang tergabung dalam kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, memperlihatkan medali yang mereka dapatkan. Foto: hms

BACA JUGA: Pemprov Jateng Akselerasi Sertifikasi RPH, Jaga Jaminan Mutu Halal

”Hampir semua mendapatkan medali, bangga dong. Maka, kami senang tadi kawan-kawan dari KONI memberikan apresiasi kepada mereka. Mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi itulah tanda cinta yang diberikan,” terang dia.

Ganjar juga mendorong, agar bonus para atlet untuk segera diberikan setelah penyerahan simbolis itu. Dia juga mengingatkan pada KONI, untuk memastikan masa depan para atlet.

”Mereka pemegang medali SEA Games dan kemudian pengin jadi PNS, ini kan mesti kita kasih rekomendasi. Saya akan teruskan kepada Kemenpan, dan saya minta teknisnya kawan-kawan KONI untuk membantu,” tegasnya.

BACA JUGA: Taj Yasin Kukuhkan Pengurus PPWP 2023-2028, Minta Lansia Diberi Ruang di Kantor Desa dan Kelurahan

Termasuk juga pada atlet yang saat ini masih menempuh pendidikan. Kesejahteraan bisa diberikan dengan cara mengupayakan beasiswa.

”Kalau saya bisa mengibarkan bendera Merah Putih dengan medali yang ada dikalungan leher saya, itu akan berkonsekuensi pada cita-cita lain sebagai harapan hidup ke depan yang akan saya dapatkan. Fair, dan negara menurut saya bisa memberikan tindakan khusus atau afirmasi kepada atlet-atlet kita yang hebat itu,” tandasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 44 atlet Jateng dari 19 cabang olahraga, memperkuat kontingen Indonesia pada SEA Games Kamboja 2023. Klasemen akhir SEA Games 2023 Kamboja menunjukkan RI masuk tiga besar, dengan meraih 87 emas, jauh lebih tinggi dari target pemerintah, 60 emas.

Total raihan medali yang dibawa RI yakni, medali emas 87, perak 80, dan perunggu 109. Posisi pertama tetap diraih Vietnam, dengan emas 136, perak 105, dan perunggu 114. Di posisi kedua Thailand dengan perolehan emas 108, perak 96, dan perunggu 108.

Riyan