blank
Ilustrasi kucing dan tanaman catnip. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Nepeta cataria atau umumnya dikenal sebagai catnip, catswort, atau catmint, merupakan spesies dari genus Nepeta dalam keluarga Lamiaceae.

Ada beberapa manfaat catnip untuk kucing seperti mengatasi stres, melancarkan pencernaan, dan membuat sahabat bulu merasa tenang. Selain itu, catnip juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu melatih kucing. Misalnya, kucing yang suka menyakar furnitur.

Catnip juga dapat meredakan batuk. Lantas apa yang menyebabkan kucing menyukai catnip?

Baca Juga: Tak Hanya Cantik Sebagai Hiasan, Yuk Simak 5 Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Seperti yang kita ketahui jika kucing memiliki pendeteksi aroma yang disebut dengan kelenjar vomeronasal yang terletak di langit-langit mulut kucing, sehingga memungkinkan aroma yang berkumpul di mulut serta hidung dibawa ke otak.

Dalam daun catnip terdapat minyak Nepetalactone, yang dipercaya bisa merubah tingkah laku kucing. Oleh sebab itulah, kucing yang diberikan catnip akan menunjukkan perilaku yang tak biasa.

Lantas, apa manfaat catnip ini? Melansir dari petpintar.com, inilah manfaat memberikan catnip untuk kucing.

Baca Juga: Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memelihara Kucing

1. Membantu kucing agar lebih rileks

Catnip memiliki efek sedatif yang bisa membuat kucing merasa lebih rileks, mengatasi stres dan juga mengurangi kecemasan.

Memberikan catnip ke kandangnya bisa membuat kucing meminimalisir ketegangan dan membuatnya menjadi lebih rileks ketika ia berada di lingkungan baru.

Catnip juga bisa diberikan sedikit ke makanannya. Tujuannya adalah membantunya agar tidak stres dan cenderung lebih rileks.

2. Membuat kucing menjadi aktif

Reaksi kucing yang diberikan catnip bisa berbeda-beda. Namun pada umumnya, kucing yang diberikan catnip cenderung lebih aktif bergerak. Catnip juga bisa membantu kucing rumahan untuk bermain, sehingga kucing menjadi lebih aktif.

3. Sebagai alat untuk melatih kucing

Catnip bisa menjadi salah satu alat yang ampuh untuk melatih kucing. Misalnya kucingmu menyukai catnip. Maka akan cukup mudah melatihnya menggunakan catnip, seperti berdiri, ketika akan memotong kuku, atau akan mandi.

Baca Juga: Selain Menyebabkan Alergi, Ini 4 Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Tubuh

4. Bisa menyembuhkan luka

Jika kucingmu terluka, ternyata catnip juga bisa dijadikan obat. Caranya cukup membuat pasta catnip dengan cara menumbuk daun catnip. Selanjutnya beri sedikit air hingga membentuk pasta kental.

Kemudian, oleskan pasta catnip tersebut pada luka kucing. Dengan mengobati luka menggunakan pasta catnip, kamu tak perlu khawatir kucing akan menjilatinya.

5. Menenangkan kulit kucing yang sedang iritasi

Catnip ternyata bisa menenangkan kulit kucing yang sedang iritasi. Selain itu aroma khas yang dimiliki oleh catnip akan membuat kucingmu senang dan rileks. Ketika kucing harus mandi karena adanya masalah pada kulit mereka, catnip bisa menjadi salah satu solusinya.

Itulah beberapa manfaat memberikan catnip pada kucing. Meskipun tidak semua kucing bisa terpengaruh pada aroma catnip, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat catnip ini. Semoga bermanfaat, ya.

Claudia