blank
Kepala UPT Kearsipan UNS, Yani Maryudiasti, S.Sos. (Kanan)  menyampaikan hasil evaluasi kearsipan tahun 2023 dalam pendampingan dan pembinaan terkait pengelolaan kearsipan kepada koordinator, sub koordinator, arsiparis dan petugas kearsipan di masing-masing unit kerja perguruan tinggi setempat yang dibuka Plt. Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS, Dr. Muhtar , Selasa (16/5). Foto: Humas UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kearsipan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan pendampingan dan pembinaan terkait pengelolaan kearsipan kepada koordinator, sub koordinator, arsiparis dan petugas kearsipan di masing-masing unit kerja perguruan tinggi setempat.

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang 4 Gedung dr. Prakosa UNS, dibuka Plt. Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS, Dr. Muhtar dan berlangsung Selasa (16/5/2023).

Dalam sambutannya, Plt. Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS, Dr. Muhtarmengatakan tertib administrasi kearsipan dan penyelamatan arsip yang memiliki nilai guna sejarah merupakan suatu kebutuhan mendesak saat ini.

Diperlukan optimalisasi dan pembinaan bagi semua stakeholders yang terlibat dalam kearsipan. Layanan prima adalah setiap dokumen yang dibutuhkan unit atau stakeholder harus selalu siap tersedia dengan cepat. Dan itu harus direncanakan baik terkait dengan data maupun kecepatan yang dibutuhkan untuk setiap layanan arsip.

Pengelolaan arsip memang kelihatan sepele namun  dengan pengelolaan arsip yang baik akan meningkatkan reputasi kinerja dan juga bermanfaat untuk penilaian kinerja. Dengan pembinaan arsiparis ini harus dioptimalkan karena kadang-kadang struktur file yang tidak baik akan menyulitkan saat kita mencari.