blank
Atlet tunggal putra PB Djarum, Devin Artha Wahyudi, menjadi penentu kemenangan timnya atas PB Jaya Raya, dalam pertandingan final beregu putra U19, di GOR Djarum, Magelang, Minggu (14/5/2023). Foto: riyan

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, memberi apresiasi bagi para atlet muda klubnya, yang telah berjuang dengan maksimal, yang berbuah Juara Umum Polytron Superliga Junior 2023.

Menurut dia, prestasi atlet-atlet junior ini merupakan bukti nyata, proses pembinaan usia dini mutlak dilakukan, demi mengasah dan membentuk juara dunia di masa depan.

”Kemenangan ini selain membanggakan, tentunya juga memberikan keyakinan, untuk meraih prestasi harus dibentuk melalui proses pembibitan dan pembinaan yang menyeluruh. Di PB Djarum, kami memulainya dengan perekrutan atlet-atlet usia dini, melalui Audisi Umum PB Djarum,” Yoppy dalam keterangannya, usai pergelaran turnamen bulutangkis beregu junior ‘Polytron Superliga Junior 2023’, di GOR Djarum, Magelang, Minggu (14/5/2023).

BACA JUGA: PPP Rekrut Ketua GP Ansor Kudus Dasa Susila untuk Jadi Caleg

Dalam even yang berlangsung sejak Senin-Minggu (8-14/5/2023) itu, PB Djarum tampil sebagai juara umum. Dari empat nomor final beregu yang digelar, tim bulutangkis asal Kota Kudus itu, memboyong tiga gelar, masing-masing Putra U17, Putri U19 dan Putra U19. Satu gelar yang lepas di nomor Putri U17, yang direbut tim asal Thailand, Banthognyord.

Dari hasil itu, Yoppy menyatakan, tim PB Djarum datang ke Magelang dengan bekal persiapan yang matang dan materi pemain yang mumpuni. ”Hasilnya, anak-anak mampu menjawab kepercayaan pelatih dengan tampil maksimal, dan membawa pulang gelar juara umum,” tutur dia.

Salah satu catatan yang membanggakan adalah, raihan gelar juara U19 putra. Di sektor ini, PB Djarum mengalahkan PB Jaya Raya (Jakarta), dengan skor 3-0.

BACA JUGA: Rektor USM Siapkan Perahu Listrik Bertenaga Surya di Desa Bedono

Di babak final, masing-masing tim menurunkan pemain-pemain terbaiknya, untuk bertarung memperebutkan Piala Liem Swie King. Di partai pertama, PB Djarum memainkan Moh Zaki Ubaidillah alias Ubed, yang bertemu Ryan Putra Widyanto. Di laga ini Ubed menang mudah dengan skor 21-17, 21-11.

Ubed sendiri tampil bagus selama kejuaraan, dengan rekor tak terkalahkan sejak babak penyisihan grup. Pemuda kelahiran Madura ini, bahkan tak kehilangan satu gim pun dalam lima pertandingan di kejuaraan beregu yang mengadaptasi format beregu Piala Thomas dan Uber Cup ini. Alhasil, Ubed pun diganjar predikat sebagai The Best Athlete U19 Boys Team.

Di partai kedua, PB Djarum menurunkan ganda Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan yang menang 22-20, 21-18 atas Adrian Pratama/Jonathan Farrel Gosal. Tunggal putra Devin Artha Wahyudi, menyempurnakan kemenangan PB Djarum menjadi 3-0, usai menghentikan perlawanan Muhammad Falen Ammar Rizki, dengan skor 19-21, 21-15, 21-17.

BACA JUGA: DPC Lindu Aji Jepara akan Gelar Muscab 28 Mei 2023, H.M. Habli Mubarok: Ojo Nggege Mongso

”Kami tidak memiliki strategi apapun ketika bertanding di final ini. Saya bilang ke anak-anak untuk jangan lengah, tenang, dan tampilkan yang terbaik. Dan ternyata mereka bisa bermain optimal, sehingga menang tiga partai langsung,” ungkap pelatih PB Djarum, Imam Tohari, yang mendampingi pemain selama kejuaraan.

Sementara itu, Zemmy Iskandar selaku Associate General Manager Polytron, menyampaikan selamat kepada para klub yang sukses meraih gelar bergengsi di event ini. Dia berharap, para atlet yang berlaga di ajang ini dapat memetik pengalaman berharga, dan kelak meraih gelar juara di level yang lebih tinggi lagi.

”Tentunya, selama kejuaraan ini banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang didapatkan. Semoga hal ini bisa menjadi modal penting untuk meningkatkan kemampuan dan teknik para atlet bulutangkis,” tutur dia.

Daftar Juara Polytron Superliga Junior 2023:
Putri U17:
Juara I: Banthognyord Thailand
Juara II: PB Jaya Raya
Juara III: PB Djarum dan Badminton Association Malaysia (BAM)
Atlet Terbaik: Anyapat Phicitpreechasak (Banthongyord Thailand)

Putra U17:
Juara I: PB Djarum
Juara II: PB Jaya Raya
Juara III: Hong Kong dan PB Mutiara Cardinal Bandung
Atlet Terbaik: Richie Duta Ricardo (PB Djarum)

Putri U19:
Juara I: PB Djarum
Juara II: PB Jaya Raya
Juara III: Vietnam Team dan PB Mutiara Cardinal Bandung
Atlet Terbaik: Sausan Dwi Ramadhani (PB Djarum)

Putra U19:
Juara I: PB Djarum
Juara II: PB Jaya Raya
Juara III: Vietnam Team dan PB Mutiara Cardinal Bandung
Atlet Terbaik: Moh Zaki Ubaidillah (PB Djarum)

Riyan