blank
Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abioso Seno Aji dalam kegiatan upacara pembukaan pelatihan pengamanan VIP Pemilu 2024, di Mako Satbrimob Polda Jateng. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Polda Jateng menyiapkan 40 personel terbaiknya untuk mengikuti pelatihan pengamanan VIP Pemilu 2024.

Hal ini sebagai bentuk komitmen Polda Jateng yang hadir untuk mengamankan dan mensukseskan setiap tahapan Pemilu 2024.

Demikian disampaikan Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abioso Seno Aji saat memimpin upacara pembukaan pelatihan pengamanan VIP dalam rangka Pemilu 2024 di Mako Satbrimob Polda Jateng, Srondol Banyumanik Kota Semarang, Senin (15/5/2023).

Wakapolda saat membacakan amanat Kapolda Jateng mengungkapkan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menyamakan persepsi, cara bertindak dan prosedur secara teknik dan taktik dalam pelaksanaan pengamanan VIP.

“Kita sebagai anggota Polri harus siap menghadapi tantangan untuk melakukan pengamanan Pemilu 2024. Salah satu upaya yang dilakukan Polda Jateng adalah mempersiapkan personil yang akan melakukan pengamanan VIP,” ujar Abioso.

Dikatakan, dari 102 personel yang mendaftar, lanjutnya, dipilih 40 personel yang memenuhi syarat dan selanjutnya mengikuti pelatihan pengamanan VIP. Personel tersebut telah diseleksi melalui berbagai tahapan antara lain psikologi, tes kesamaptaan jasmani dan kemampuan menembak.

Adapun materi pelatihan akan diberikan oleh para instruktur dan pelatih dari Satbrimob Polda Jateng dengan waktu pelatihan selama 1 minggu.

Wakapolda berpesan agar seluruh peserta memahami semua ilmu, informasi, petunjuk dan arahan yang diberikan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas pengamanan VIP.

“Semua peserta pelatihan akan diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan, diantaranya teori, praktek dan aplikasi lapangan. Hal ini bertujuan agar setiap petugas Polri mampu memahami tupoksi, peran dan cara bertindak di lapangan, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan sesuai SOP,” tuturnya.

Wakapolda juga berpesan kepada seluruh instruktur, pelatih dan peserta pelatihan agar menanamkan kebanggaan dalam jiwa masing-masing atas terpilihnya mereka dalam kegiatan pelatihan pengamanan VIP Pemilu 2024.

“40 personel ini nanti akan mewakili Polda Jawa Tengah untuk turut mensukseskan jalannya proses Pemilu 2024. Tugas dan tanggung jawab yang diemban bukanlah hal yang ringan. Perintah ini adalah sebuah kehormatan yang apabila dilaksanakan, ini akan menjadi sejarah yang berharga dalam perjalanan hidup kalian,” tandasnya.

Wakapolda berharap melalui upaya cooling system yang dilakukan, dapat mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dan bekerja sama dalam memelihara kamtibmas, sehingga Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman lancar dan demokratis.

“Polda Jateng hadir dan siap untuk mendukung dan mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024,” tegasnya.

Ning S