blank
Penyerahan secara simbolis SK Pensiun oleh Pj. Bupati Jepara kepada Bapak Ibu Pensiunan TMT 1 Mei 2023, Rabu (03/05/2023)..

JEPARA(SUARABARU.ID):

Pemkab Jepara menggandeng Bank Jarteng untuk memfasilitasi para pensiunan dalam mengajukan klaim dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa purna tugas atau pensiun. Kerja sama tersebut mendapat apresiasi para pensiunan karena dinilai mempermudah dalam pengurusan dana jaminan sosial hari tua tersebut.

Kolaborasi tersebut melibatkan Bank Jateng dengan tiga organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemkab Jepara, yakni Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disukcapil) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

BKD bertugas melalukan verifikasi dan validasi kelengkapan administrasi pengajuan pensiun serta pengajuan pengusulan pensiun ke PT Taspen. BPKAD memberikan kemudahan untuk pengurusan tunjangan keluarga dan pengembalian kelebihan bayar tunjangan keluarga. Sedangkan Dinas Dukcapil melayani pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan KTP Elektronik (e-KTP) baru, termasuk pelayanan pembuatan Identitas Kependudukan Digitasl (IKD) atau versi digital dari e-KTP.

Untuk masa purna tugas terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Mei 2023, terdapat sebanyak 43 ASN/ PNS memaskui masa purna tugas. Mereka terdiri dari 3 pejabat struktural, 29 tenaga kependidikan, 2 tenaga bidang kesehatan, dan 9 tenaga fungsional umum.

Acara Penglepasan ASN/PNS) purna tugas tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat BKD Kabupaten Jepara, (3/5/2023) dengan ditandai penyerahan Surat Keputusan (SK) Pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) yang secara simbolis oleh Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta.

Pj Bupati Edy menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para ASN/PNS yang memasuki purna tugas tersebut, karena selama bertugas telah mengabdi yang menunjukkan dedikasi tinggi untuk berkontribusi pada kemajuan dan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Jepara.

“Usia purna (tugas) bukan halangan untuk tetap mendukung program pembangunan pemerintah. Mohon untuk dapat membantu memberikan dukungan dengan memberikan pengertian dan pendidikan kesadaran politik menjelang pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada tahun 2024 kepada masyarakat di lingkungan masing-masing,” kata Edy dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Bank Jateng Cabang Jepara, Kurniawan Adji P, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Jepara atas kepercayaan yang diberikan Pemkab Jepara untuk berkolaborasi membuat terobosan klaim otomatis untuk mempermudah pensiunan mengurus dana pensiun dengan cepat, mudah, dan lengkap.
“Semoga Kolaborasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut demi pelayanan yang mudah, cepat dan nyaman bagi Bapak Ibu pensiunan,” papar Kurniawan.

Salah satu pensiunan juga mengapreasi pelayanan baru tersebut sebagai langkah yang sangat membantu. “Terima kasih kepada Bank Jateng yang telah membantu kami, sehingga tidak perlu hadir di kantor PT Taspen Semarang untuk mengurus pensiun. Pelayanan kelengkapan Ke-Taspen-an juga menjadi mudah. Tadi ada permasalahan terkait tunjangan keluarga, Alhamdulillah setelah ketemu petugas BPKAD di lokasi ada solusi yang diberikan,” ujarnya.

Sebelum acara inti, para pensiunan diberi paparan oleh Tenaga Pemasaran Bank Jateng Cabang Jepara, tentang berbagai informasi terkait dengan seluk beluk layanan Bank Jateng dan berbagai fasilitas perbankan yang dapat diakses pensiunan. Dijelaskan juga terkait yang harus dilakukan pensiunan seperti kegiatan enrolment (perekaman data Biometrik), otentikasi Taspen (kegiatan absensi setiap bulan) dan kelengkapan administrasi ke-Taspen-an.

“Bapak Ibu tidak perlu khawatir dan resah terkait dengan perubahan status yang semula ASN/PNS menjadi pensiunan. Bank Jateng baik di kantor cabang atau capem akan selalu siap membantu Bapak Ibu yang membutuhkan bantuan maupun informasi setelah memasuki masa pensiun,” demikia disampaikan oleh Gita Ayu Wulandari, petugas dari Bank Jateng yang menyampaikan paparan kepada para pensiunan.

Paparan dari Bank Jateng tersebut selaras dengan program yang akan dilakukan Pemkab Jepara dalam upaya untuk terus menyapa dan memberikan bantuan peluang usaha bagi ASN/PNS yang telah memasuki masa pensiun.

“Kegiatan kewirausahaan para calon pensiunan di lingkungan Pemkab Jepara direncanakan akan diadakan pada bulan Juli 2023 mendatang. Pesertanya calon pensiunan TMT Agustus – Desember 2023. Nanti Bank Jateng diundang sebagai narasumbernya,” kata Kabid Mutasi BKD Jepara, Muhammad Zakaria Fajrie.