blank
Pemilihan Denok Kenang Semarang akan kembali digelar di 2023 dengan menghadirkan 30 pasang finalis dari Kota Semarang. Foto: wied

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Demi mendongkrak pariwisata di Kota Semarang, di samping menyiapkan sejumlah calender event pariwisata, Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga melibatkan peran komunitas dan juga generasi muda melalui even pemilihan Denok Kenang tahun 2023.

Pemilihan Denok Kenang 2023 kali ini mengambil tema “Melalui Generasi Muda, Pariwisata Semakin Tangguh”. Diharapkan melalui keberadaan Denok Kenang yang notabene merupakan generasi muda, akan mampu membangkitkan kembali sektor pariwisata di Kota Semarang pasca pandemi Covid-19.

Grand final Denok Kenang sendiri akan digelar dengan konsep outdoor pada Senin, 15 Mei 2023 mendatang di Taman Indonesia Kaya. Inilah kali pertama sejak 2010 Grand Final Denok Kenang digelar secara out door, sehingga diharapkan gelaran di Taman Indonesia Kaya ini dapat menjadi sajian even bagi para wisatawan untuk menikmati Kota Semarang.

Sebelumnya telah dibuka pendaftaran Denok Kenang 2023 mulai 25 Januari – 4 Mei 2023. Dari ratusan peserta yang mendaftar, terpilih 30 finalis yang terdiri dari 15 finalis denok dan 15 finalis kenang.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang pun mendorong keberadaan komunitas wisata di Semarang melalui pemilihan putra-putri pariwisata Denok Kenang Semarang 2023.

Denok Kenang sendiri merupakan gelar untuk pasangan yang menjadi duta wisata Kota Semarang. Denok merupakan panggilan untuk anak perempuan dalam bahasa Jawa Semarangan. Sedangkan kenang merupakan sebutan untuk anak laki-laki.

Gelaran grand final Denok Kenang 2023 ini melengkapi sejumlah even kesenian dan budaya di kota Semarang sepanjang bulan Mei 2023. Even ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan HUT Kota Semarang yang ke-476.