Rombongan PKS Jateng datang ke KPU Jateng untuk mendaftarkan diri dalam Pemilu 2024 mendatang, Senin (8/5/2023). Foto: KPU Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah menjadi partai pertama yang mendaftar menjadi peserta Pemilu ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, Senin, (8/5/2023).

Rombongan PKS Jawa Tengah terdiri dari Delapan Bakal Calon Anggota Legislatif (BCAD) Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Afif selaku ketua DPW PKS Jawa Tengah beserta jajarannya dengan menaiki Ojek Online dari kantor DPTW PKS Jateng menuju kantor KPU Provinsi Jawa Tengah.

Kedatangan rombongan PKS Jawa Tengah diterima langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Paulus Widiyantoro beserta jajarannya.

“Hari ini Senin tanggal 8 Mei 2023 tepat sesuai nomor urut PKS yakni 8, kami mendaftarkan Bacaleg Provinsi Jawa Tengah. Kami memilih tanggal 8 sesuai dengan instruksi DPP sekaligus sesuai dengan nomor urut PKS.” Jelas Afif dalam keterangannya kepada wartawan usai penyerahan berkas ke kantor KPU Provinsi Jawa Tengah.

“Alhamdulillah bisa daftar secara terpenuhi 100 persen dari seluruh dapil di Jateng. Sesuai dengan kursi di Jateng, 120 kursi. Di dalamnya unsur wanita 30 persen dan ada milenial setiap dapil 30 persen,” tambah Afif.

Setelah melalui serangkaian proses verifikasi oleh Petugas KPU Provinsi pada Sistem Aplikasi Pencalonan (Silon), berkas pengajuan Bacaleg Provinsi Jawa Tengah resmi diterima oleh KPU Provinsi Jawa Tengah Senin sore pukul 14.35 WIB.

Lebih lanjut, Ketua KPU Jateng, Paulus Widiyantoro membenarkan bila PKS menjadi parpol yang pertama kali mendaftarkan bacaleg dan serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

“Sampai hari ini untuk partai politik baru satu, Partai Keadilan Sejahtera, dan untuk bakal calon DPD baru empat dari 11 bakal calon yang kemarin kita nyatakan memenuhi syarat,” ungkap Paulus.

Hery Priyono