Rangkaian kereta api  tengah melintas di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta. Foto: Dok/Daop6

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – PT KAI memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021. Penerapan Gapeka 2023 berdampak positif  terhadap waktu perjalanan kereta api yang semakin singkat dari dan tujuan ke Daop 6 Yogyakarta. Pada sisi lain sebagian kereta api (KA) mengalami perubahan jadwal keberangkatan.

“PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengimbau kepada pelanggan untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA nya untuk keberangkatan 1 Juni 2023 dan seterusnya”, kata ,Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo,Jumat  (5/5/2023).

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka, lanjut Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang  menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka dari 2021 ke 2023 meliputi adanya jalur ganda yang dibangun Kementerian Perhubungan seperti di lintas Gedebage – Haurpugur dan pengoperasian lintas double-double track (DDT) Cakung – Bekasi. Selain itu peningkatan kecepatan prasarana diberbagai lintas hingga 120 km/jam, perubahan sistem persinyalan, serta pengoperasian Jembatan no 1120 lintas Bumiayu – Linggapura.

Manfaat yang dapat dirasakan pelanggan di seluruh wilayah operasi KAI pada Gapeka 2023 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Terdapat percepatan waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh sebesar total 2.727 menit/ hari.