SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kota Solo menjadi tuan rumah kompetisi Marine Advance Technology Education (MATE) Remotely Operated underwater Vehicle (ROV) ke 4 tingkat Asean.  Kompetisi Robot Bawah Air (MATE ROV) akan diikuti tim robotika sejumlah sekolah dan perguruan tinggi dari berbagai kota di Indonesia dan Singapura bakal berlangsung 6 – 7 Mei 2023 serta digelar digelar di Kolam Renang Tirtomoyo, Manahan.

“Ini kali pertama kompetisi robot bawah air diselenggarakan di luar Surabaya. Di harapkan peristiwa ini bisa memancing tumbuhnya minat pelajar dan mahasiswa di Solo dan sekitar untuk menekuni rekayasa robotika, khususnya robot bawah air,” kata  penanggung jawab kompetisi tingkat ASEAN Dhadhang SBW, Jumat (5/5/2023).

Komunitas dan sekolah peminat rekayasa robotika lanjut  Dhadhang SBW, telah bermunculan. Khusus untuk robot bawah air, peminatnya masih belum banyak. Kompetisi tingkat lokal atau nasional pun masih jarang. Bahkan, kompetisi robot bawah air baru tahun ini masuk dalam kalender Kontes Robot Indonesia dengan penyelenggara Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Berbeda dengan tiga kali kompetisi regional yang digelar di Surabaya. Penyelenggaraan seleksi di Kota Solo dimeriahkan dengan pameran produk remotely operated underwater vehicle (ROV) hasil rekayasa Sekolah Robotika Indonesia, Surabaya.

Mengenai penyelenggaraan kompetisi tahunan dinaungi organisasi nirlaba MATE berpusat di Amerika Serikat. Kompetisi memperlombakan tiga kelas meliputi  Scout (tingkat dasar/SD), Ranger (pelajar SD sampai SLTA) dan Explorer (mahasiswa).