Kompetisi tingkat dunia akan digelar pada akhir 22-24 Juni 2023 dan hanya akan diikuti oleh para juara hasil seleksi di 43 regional. “Selain melihat dari dekat robot bawah air, para pengunjung di Solo juga akan diberi kesempatan untuk menjajal sebagai pilot”, terang Dhadhang SBW pendiri Sekolah Robot Indonesia, Surabaya.

Koordinator pelaksana penyelenggaraan kompetisi Blontank Poer menambahkan, penyelenggara akan menyediakan layar besar untuk menayangkan apa yang terjadi di bawah air. Selain menjajal langsung, pengunjung terutama pelajar dan mahasiswa bisa mengikuti proses lomba dari dekat.

Guna memperkenalkan dan memancing minat pengembangan robot bawah air, penyelenggara mengundang pelajar dan guru dari berbagai sekolah dan perguruan tinggui di Kota Solo.

“Khusus undangan, disediakan waktu untuk mencoba pengoperasian robot pada hari Sabtu (6/5) dari pukul 09.00 – 12.00 WIB. Sedangkan untuk menyaksikan keseluruhan kompetisinya, masyarakat bisa menghadiri pada siang harinya, dan sepanjang hari pada Minggu,”  terangnya.

Bagus Adji