blank
Sekretaris Asprov PSSI Jateng. Purwidyastanto, pengurus POSSI Jateng Sungkowo dan Sekum MI Jateng Bayu Eka Erdian bersama pengurus KONI Jateng, mengikuti Rakor yang digelar di Kantor KONI Jateng. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana meminta, KONI Pati, Blora, Rembang, Kudus, Jepara dan Grobogan, untuk segera membentuk Sub-Panitia Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023, yang akan belangsung pada 5-11 Agustus mendatang.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat menggelar rapat koordinasi dengan enam cabang olahraga dan KONI Jepara, di Kantor KONI Jateng, Kamis (4/5/2023).

Saat ini PB Porprov telah terbentuk lewat SK Gubernur Jateng nomor 426.11/22 Tahun 2023, tentang Panitia Besar Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023.

BACA JUGA: Bupati Kudus: Alokasi DBHCHT Mendukung Upaya Tercapainya Otonomi Daerah

Dalam SK itu, Bona Ventura tercatat sebagai Ketua Umum. Kemudian enam bupati yang ada di Pati Raya, sebagai Ketua Sub PB Porprov untuk masing-masing wilayahnya.

”Kami mohon KONI di Pati Raya, segera mengirimkan nama-nama personal, untuk disahkan dan dibuatkan SK oleh KONI Jateng, sebegai Sub Panitia Porprov,” kata Bona.

Sementara itu, Achmad Ris Ediyanto dalam sambutan penutupan rakor menyebut, baru Pati dan Blora yang sudah menyerahkan nama-nama personal kepanitiaan. Adapun Jepara, Rembang, Kudus dan Grobogan belum menyerahkan.

BACA JUGA: Indra Sjafri Benahi Grup Taktikal untuk Hadapi Timor Leste

”Perlu kami tegaskan lagi, Ketua Sub Panitia Porprov adalah Bupati. Jadi yang lainnya, misalnya Ketua KONI Kabupaten bisa sebagai Wakil atau Ketua Pelaksana,” sebut dia.

Dalam kesempatan yang sama, KONI Jateng juga mengundang enam cabang olahraga, yakni sepak bola, wood ball, drumband, sepatu roda, muaythai dan binaraga, serta KONI Jepara. Hal itu dilakukan, untuk menyelesaikan pemakaian venue pertandingan, serta jadwal Porprov yang berbarengan atau berdekatan dengan Pra-PON 2024.

Dalam rapat itu dipimpin Bona Ventura, dan dihadiri Ketua Harian KONI Jateng Bambang Rahardjo Munadjat, Wakil Ketua Umum II dan V Soedjatmiko dan Sudarsono, Sekum Achmad Ris Ediyanto serta beberapa ketua bidang dalam kepengurusan KONI Jateng.

BACA JUGA: Jajaran Polres Grobogan Berkunjung ke Makodim, Halal Bihalal Perkuat Sinergitas

Pada pembahasannya, cabor sepak bola dan wood ball berbarengan dalam pemakaian lapangan sepak bola di Bandengan, Jepara. Namun setelah dibahas dengan dipandu Soedjatmiko, diperoleh kesepakatan, kedua cabor itu visa memakai lapangan yang sama, dengan pengaturan jadwal yang telah disepakati.

Hal yang sama juga terjadi pada cabor drumband dan bola voli di Grobogan. Usai dibahas secara bersama-sama, kedua cabor itu akhirnya bisa menentukan jadwalnya masing-masing

Adapun cabor sepatu roda dan muaythai, berkonsultasi tentang jadwal pertandingan yang berdekatan dengan pelaksanaan Pra-PON. Kemudian cabang menyelam mempertanyakan atlet Jateng asal Pekalongan, yang kini bergabung dengan DKI Jakarta.

”Untuk cabang selam, kita kukuh mempertahankannya. Bukan bermaksud menggantung nasib atlet, jika sampai pelaksanaan PON 2024 belum selesai masalahnya, dia akan gagal tampil di PON,” tegas Bona.

Riyan