blank
ilustrasi ubi jalar. Foto: pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) merupakan salah satu makanan pokok orang indonesia. Ubi jalar dapat dijadikan pilihan makanan alternatif pengganti nasi karena rendah gula.

Ubi jalar mengandung vitamin A, vitamin B, dan zat antioksidan. Jenis antioksidan yang terkandung dalam umbi ini yaitu beta karoten, asa, klorogenat ,antosianin.

Dilansir dari Suara.com, ubi jalar atau yang sering disebut ubi manis atau sweet potatoes adalah jenis umbi-umbian yang memiliki banyak keunggulan dibanding umbi- umbi yang lain, diantaranya mengandung karbohidrat dan energy yang tinggi yang mampu mengembalikan tenaga dengan cepat, serta beberapa zat.

Baca Juga: Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati, Ini 4 Manfaat Kulit Singkong Bagi Kecantikan Kulit

Selain penanamannya yang gampang, ubi jalar juga kaya akan nutrisi yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Berikut ini manfaat mengonsumsi ubi jalar berdasarkan lansiran dari WebMD.

1. Meningkatkan sistem imun

Vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam ubi jalar berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten dalam ubi jalar juga bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya. Semua ubi jalar mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit.

Vitamin A dan vitamin C adalah kombinasi yang sempurna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan segala bentuk penyakit.

Baca Juga:Dapat Mencegah Penyakit Jantung, 6 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

2. Mengontrol gula darah

Kandungan gula alami dalam ubi jalar berada dalam indeks glikemik yang rendah. Ubi jalar menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes karena kemampuannya untuk mengontrol gula darah agar tetap seimbang.

Ubi jalar yang tinggi karbohidrat akan memperlambat penyerapan gula dalam darah dan membuat perut kenyang lebih lama.

3. Kaya akan antioksidan

Antioksidan sangat dibutuhkan tubuh sebagai penangkal radikal bebas yang bisa memicu gangguan kesehatan yang serius. Ubi jalar yang berwarna oranye, merah sampai ungu kaya akan cyanidin dan peonidin.

baca Juga: Ini Manfaat jika Kamu Minum Infused Water

Dua kandungan ini sanga baik untuk mengurangi risiko radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu pemicu penyakit berbahaya seperti kanker dan, gangguan ginjal sampai penyakit jantung.

4. Baik untuk pencernaan

Ubi jalar yang kaya serat sangat baik dikonsumsi untuk mencegah masalah pencernaan. Dalam ubi jalar terdapat dua jenis serat yaitu serat larut yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol. Sementara serat tidak larut akan membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Ubi jalar sangat direkomendasikan menjadi asupan harian karena menjadi sumber prebiotik yang akan membantu meningkatkan keseimbangan bakteri usus dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

Nah, itu dia 4 manfaat ubi jalar untuk kesehatan. Makanan jenis ini memang memiliki rasa manis alami yang membuat ubi jalar banyak digemari masyarakat. Ubi jalar juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang tentunya lezat dan sehat.

Claudia