blank
Ilustrasi ubi jalar. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Nasi sudah jadi makanan pokok sehari hari bagi orang Indonesia. Tak hanya itu, makanan pokok yang berasal dari beras ini kini memiliki beragam jenis, ada nasi putih yang biasa dimakan, beras merah, hingga beras hitam yang kaya akan karbohidrat dan serat.

Sebenarnya, nasi memiliki karbohidrat yang baik untuk tubuh. Namun, mengonsumsinya dengan berlebihan justru membuat tubuh sulit mencerna makanan lain karena kelebihan karbohidrat.

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh dalam jumlah yang cukup. Dilansir dari Suara.com, jika kamu sedang ingin mengubah pola makan dan gizi dari makananmu, cobalah berbagai alternatif pengganti nasi putih yang kaya akan karbohidrat kompleks ini.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penyakit Jantung, 6 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

1. Pisang

Semua orang tahu bahwa pisang adalah salah satu buah yang sering dikonsumi banyak orang. Pisang memiliki kandungan fiber, Vitamin C, dan kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.

2. Ubi

Ubi merupakan salah satu pangan yang kaya akan karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Ubi biasa kita temui di pasar tradisional yang telah diolah menjadi cemilan seperti getuk atau olahan lain.

3. Jagung

Selain ubi, jagung juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Menyandur dari alodokter, jagung juga bisa membantu melancarkan pencernaan, menyehatkan mata, serta mengendalikan tekanan darah karena kandungan mineral kalium dan magnesium didalamnya.

Baca Juga: 4 Manfaat Kembang Turi Putih bagi Kesehatan

4. Kacang Merah

Menyandur dari webmd, ahli gizi sering merekomendasikan kacang sebagai pangan dari diet sehat karena nilai gizinya yang tinggi. Seperti kacang lainnya, kacang merah dapat dihitung sebagai sumber protein atau sayuran. Konsumsi setengah cangkir kacang merah per hari dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Menurut penelitian, orang yang makan kacang merah setiap hari secara tidak langsung mengonsumsi lebih banyak serat, protein, folat, zat besi, dan mineral penting lainnya.

5. Shirataki

Shirataki mengandung jenis serat larut yang bermanfaat dan disebut glukomanan yang tidak dicerna di usus kecil. Shirataki hanya memiliki sedikit kandungan karbohidrat dan tidak menyebabkan gula darah naik serta memiliki indeks glikemik 0.

6. Kentang

Kentang yang dimasak dengan kulitnya merupakan sumber yang baik dari banyak vitamin dan mineral, seperti potasium dan vitamin C.

Baca Juga: Ini Manfaat Gula Merah bagi Kesehatan Tubuh, Simak!

7. Oats (Gandum Utuh)

Gandum utuh kaya akan antioksidan dan senyawa bermanfaat yang disebut polifenol. Nutrisi dari gandum yang paling menonjol adalah kelompok antioksidan unik yang disebut avenanthramides, yang hampir hanya ditemukan dalam gandum.

Itulah sederet makanan pengganti nasi untuk diet. Pada dasarnya, semua makanan memiliki gizi masing-masing. Namun alangkah baiknya untuk mempertimbangkan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh masing-masing. Jaga kesehatanmu selalu ya.

Claudia