blank
Ilustrasi tetap sejuk saat cuaca panas. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Cuaca panas yang cukup ekstrem akhir-akhir ini melanda sebagian besar wilayah di Indonesia.

Cuaca panas membuat aktivitas sehari-hari terasa lebih berat karena tubuh mengeluarkan keringat berlebihan yang tak jarang bikin lemas. Maka dari itu kamu perlu menjaga tubuh tetap sejuk di cuaca panas, agar tidak berisiko bagi kesehatan.

Berdasarkan hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sejak 19 Oktober 2019 lalu, suhu udara pada titik tertingginya dapat mencapai 34-38 derajat celcius. Cuaca panas ini disebabkan oleh gerakan semu matahari di bagian selatan garis khatulistiwa yang akan lebih terasa di Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Kondisi ini menyebabkan suhu udara meningkat di siang hari karena radiasi matahari yang diterima sekitar wilayah tersebut menjadi lebih banyak. Saking panasnya cuaca belakangan ini sampai membuat aspal jalan terlihat begitu silau dan menggantung fatamorgana di atas permukaannya.

Tidak sedikit orang yang kepayahan menahan cuaca panas tersebut, bahkan jika dipaksakan dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti dehidrasi, memicu stres, dan kelelahan. Akibat paling parah dari suhu panas adalah heat stroke, yakni kondisi suhu tubuh yang meningkat tajam secara tiba-tiba dan tubuh tidak memiliki waktu untuk mendinginkan diri.

Heat stroke menyebabkan kamu merasakan panas baik dari dalam luar tubuh maupun dalam tubuh. Jika kamu tidak tahan cuaca panas dan menunjukkan gejala tersebut, segera tanyakan pada dokter.

Melansir dari Halodoc, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap merasa sejuk meskipun cuaca sedang panas menyengat. Simak 5 tips menghadapi cuaca panas ini.

1. Perbanyak minum air putih
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Maka dari itu kamu harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak mengkonsumsi air putih, apalagi ketika cuaca sedang panas ekstrem.