blank
Ilustrasi tetap sejuk saat cuaca panas. Foto: Dok/Halodoc

Cuaca panas membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan keringat yang bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika ingin tetap segar dalam cuaca panas, kamu harus banyak minum air putih walaupun tidak merasa haus. Cobalah minum air sebelum melakukan aktivitas sehari-hari karena air dapat menjaga tubuh tetap sejuk dan menghindari kamu dari dehidrasi. Namun ingat untuk menghindari minuman yang mengandung banyak gula, kafein, dan alkohol.

2. Perbanyak makan buah dan sayur
Buah dan sayur mengandung banyak cairan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menyejukkan tubuh. Pilih buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti mentimun dan semangka agar dapat menggantikan cairan tubuh yang terbuang karena cuaca panas.

3. Kurangi porsi makan berlebihan
Gulai kambing dan seporsi nasi hangat memang selalu menggoda untuk dilumat sampai habis. Namun, ternyata konsumsi makanan tersebut harus kamu hindari ketika cuaca panas. Protein tinggi dan porsi yang besar membuat tubuh harus bekerja keras ketika mengolah makanan dalam sistem pencernaan yang bisa meningkatkan produksi panas dari metabolisme.

Selain itu, makan berlebihan juga bisa meningkatkan suhu tubuh karena perubahan metabolisme, sehingga sebaiknya hindari porsi makan berlebihan.

4. Kenakan pakaian yang nyaman
Cara berpakaian akan sangat mempengaruhi dampak dari cuaca panas terhadap tubuh. Agar tubuh tetap dalam keadaan sejuk, kenakan pakaian yang longgar dan berpotongan pendek, karena dapat mengalirkan udara ke dalam pakaian di sekitar permukaan kulit, sehingga tubuh tidak panas.

Selain itu, pilih juga pakaian berbahan katun yang lebih baik dalam menyerap kelembaban atau keringat. Dan, kenakan pakaian yang berwarna cerah karena dapat memantulkan panas dan cahaya matahari dengan lebih baik.

5. Istirahat yang cukup
Kenali kemampuan tubuh terhadap cuaca panas dan beristirahatlah yang cukup. Jika memungkinkan batasi aktivitas di luar ruangan di siang hari ketika matahari sedang bersinar terik.

Lebih baik beraktivitas lebih dini di pagi hari atau menunggu sore hari ketika cuaca berangsur lebih sejuk. Jika kamu terpaksa beraktivitas tepat di tengah hari, jangan memaksakan diri dan beristirahatlah ketika tubuh sudah memberikan sinyal tidak kuat.

Ning S