blank
JUARA - Walikota Tegal, Dedy Yon bersama Pj Sekda foto bersama para juara Tegal Pesisir Karnaval 2023. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – SMAN 3 Kota Tegal dan Sanggar Elvista berhasil meraih gelar juara pada Tegal Pesisir Karnaval yang dilaksanakan pada Sabtu (29/4/2023) malam.

Juara kategori pelajar, SMAN 3 Kota Tegal meraih juara untuk kategori kostum terbaik 1 dengan tema Wayang-Srikandi. Kostum terbaik 2 juga dari SMA Negeri 3 Kota Tegal dengan tema Wayang Dewa Ruci dan kostum terbaik 3 dari SLB Negeri Kota Tegal tema Pusaka Keris Mpu Gandring.

Untuk juara batik terbaik dari SMA Ihsaniyah Kota Tegal dengan tema Wayang Srikandi. Penampilan terbaik dari SMA Muhammadiyah Kota Tegal dengan tema Legenda Roro Jonggrang. Dan make up terbaik dari SMA Negeri 3 Tegal dengan tema Wayang Dewi Sumbadra.

Juara untuk kategori umum, kostum terbaik 1 dari Sanggar Elvista dengan tema Alat Musik-Gamelan. Kostum terbaik 2 dari Matur Costume dengan tema Pusaka-Keris. Kostum terbaik 3 dari Salma Griya Busana dengan tema Legenda-Putri Bahari.

Terbaik 4 direbut oleh Alfin Syah dengan tema Wayang Bima. Penampilan terbaik 5 dari Matur Costume dengan tema Pusaka-Keris. Sedangkan make Up terbaik dari Salma Griya Busana dengan tema Tradisi Moci.

Dewan juri, Didik Wahyu Setiawan, M.Sn (Perupa dari ISI Yogyakarta), Mohamad Arif Wibowo, S.Sn (Kreator Karnaval dari Rumah Karnaval Indonesia) dan Dian Eka Kusumawardhani, S.STP (Kabid Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal)

“Kesesuaian tema kostum, kreativitas, kelengkapan kostum, kesesuaian peraga, originalitas ide dan make up merupakan kesepakatan tiga juri untuk kriteria penilaian,” kata juri Dian Eka Kusumawardhani.

Dian menyampaikan, dari 120 Peserta Tegal Pesisir Karnaval 9 Tahun 2023 yang mengikuti lomba dan masuk melalui proses penjurian sebanyak 57 peserta.

“Seluruh juara mendapatkan trophy dan uang pembinaan. Ke depan Tegal Pesisir Karnaval untuk bisa lebih baik dan meriah lagi,” harap Dian.

Sutrisno