blank
Jajaran Bawaslu Kota Semarang yang melakukan pencermatan dan pengawasan terhadap salinan DPS yang diterima dari KPU Kota Semarang. Foto : Dok Bawaslu Kota Semarang.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang menemukan potensi ratusan pemilih ganda di dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) di 16 kecamatan di Kota Semarang.

Data pemilih ganda tersebut terkuak dari hasil pencermatan dan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Semarang beserta jajarannya, dalam tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu 2024, di 16 kecamatan. Yang datanya merupakan salinan DPS yang diterima Bawaslu dalam bentuk PDF, dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang pada 10 April 2023 lalu.

Potensi pemilih ganda yang ditemukan Bawaslu Kota Semarang dari hasil pengawasan yang telah dilakukan, tercatat ada 365 nama pemilih, yaitu ganda identik ada sejumlah 279 nama di dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sama dan ganda identik sejumlah 86 nama dalam TPS yang berbeda.

Anggota Bawaslu Kota Semarang Nining Susanti menyatakan, Bawaslu telah menyampaikan hasil pengawasan terkait potensi kegandaan ini kepada KPU Kota Semarang, untuk dilakukan pencermatan kembali, sehingga saat penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), dapat sesuai dengan realita di lapangan walaupun daftar pemilih masih akan dinamis.

Hasil pengawasan lainnya terkait temuan data anomali yang berusia lebih dari 90 tahun sejumlah 2049  pemilih dan berusia kurang dari 17 tahun sejumlah 27 nama pemilih.

“Anomali data ini kita minta KPU kota Semarang untuk memastikan dan memvalidasi secara faktual untuk memastikan pemilih yang berusia diatas 90 tahun masih hidup,  jangan sampai jika sudah meninggal masih terdaftar dalam daftar pemilih pemilu,” ujar Nining.

Sebagai informasi, bahwa masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan atas DPS yang telah diumumkan pada tanggal 12 April s.d 2 Mei 2023, jika ditemukan adanya ketidaksesuaian data, masyarakat dapat melaporkan kepada Bawaslu kota Semarang  dan jajarannya.