blank
Aparat keamanan TNI-Polri dengan melibatkan anggota Linmas dan relawan di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, menggelar apel sebelum melakukan pengamanan halalbihalal.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Perayaan Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M oleh berbagai komunitas warga di Kabupaten Wonogiri, disatukan dengan acara halalbihalal, yang dimeriahkan dengan aneka ragam hiburan. Dimeriahkan aneka kesenian dan hiburan.

Ada yang dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, kesenian reog, musik campursari sampai menyelenggarakan kejuaraan bola voli. Dalam Ki Tantut Sutanto, tampil dalam acara halalbihalal di Dusun Gunung Dede, Desa Kepuhsari, yakni desa yang dikenal sebagai sentra kerajinan wayang kulit di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk digelar di Dusun Petir, Desa Wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, dengan dalang Ki MPP Bayu Aji Pamungkas. Acara yang dikemas dalam tema ”Silaturahim dan temu kangen Sanak Kadang Petir ini, dimeraihkan Binta Tamu Cak Yudo Cs.

Sulistyo Wibowo, Kepala Desa Pululutan Kulon, Kecamatan Wuiryantoro, Kabupaten Wonogiri, menyatakan, perayaan Lebaran Idul Fitri 1444H/2023 M dimeriahkan dengan turnamen bola voli ”Pulutan Kulon Cup I.” Dimeriahkan pagelaran musik Campursari dari Group New Renada dengan Bintang Panggung Dewi Angelina, Nani Nanum dan Anna Santika.

Reog Ponorogo

Di Dusun Banyuripan, Desa Tirtosworo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, acara kumpul bareng halalbihahal dimeriahkan dengan kesenian Reog Ponorogo dari Group Singo Ludro Mudo.

Halalbihalal di Balai Desa di Desa Pijiharjo, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, diisi dengan pemberian santuan kepada anak yatim piatu. Kemudian dimeriahkan dengan pentas musik Campursari.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Selasa (25/4), menyatakan, personel TNI dari Koramil-04/Nguntoronadi Kodim 0728 Wonogiri diipimpin BatiTuud Peltu Lutfi, melaksanakan pengamanan acara halalbihalal dengan Anggota Polsek Nguntoronadi yang dipimpin oleh Bripka Maryadi.

Ada dua kegiatan haalbihalal masyarakat yang diamankan, yakni halalbihalal di Desa Bulurejo dan Desa Wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Pengamanan dilakukan dengan melibatkan para Relawan dari Komunitas Comandan dan personel Linmas (Perlindungan Masyarakat) tingkat desa.

Bambang Pur