blank
Pengunjung berfoto ria, dibibir gua Terawang, di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Gua Terawang adalah salah satu destinasi wisata popular di Kabupaten Blra. Berbagai sumber menyebut, kawasan wisata Gua Terawang yang terletak di Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah memiliki enam gua.

Guwa Terawang terdapat satu induk gua yang di atasnya berlubang sehingga pada siang hari sinar matahari bisa menerbs gua. Wisata Gua Terawang berada di lahan seluas 13 hektar yang dikelola Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora.

Kawasan wilayah Gua Terawang ini memiliki hawa sejuk dan segar serta panorama hutan yang sangat indah serta memesona. Pada bagian jalur menuju pintu gua tersedia deretan anak tangga yang sudah dilengkapi dengan besi pengaman pada bagian tengahnya sepanjang 15 meter.

Tinggi dari gua tersebut bervariasi antara 1 meter sampai 24 meter. Lebar dari gua-gua tersebut juga bervariasi, mulai dari 3 meter sampai 18 meter. Pada bagian langit-langit gua memiliki bentuk yang unik seperti parabola dan dihiasi stalaktit yang sangat menawan.

Keunikan dari Gua Terawang ini, pengunjung dapat leluasa mengamati gua pada siang hari karena cahaya didalam gua tersebut sangat terang. Pada bagian langit-langit gua terdapat lubang alami sehinga sinar matahari dapat menerobos masuk ke dalam gua dan menerangi bagian dari ruangan Gua tersebut.