Sambal goreng kentang. Foto: Tangkapan layar Youtube CR COOK

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sambal goreng kentang jadi salah satu hidangan yang sangat identik dengan lebaran. Tanpa hidangan khas satu ini, momen berkumpul bersama keluarga akan terasa kurang menyenangkan.

Beberapa daerah bahkan menjadikan sambal goreng dan opor ayam sebagai hidangan yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri. Sambal goreng kentang memiliki pedas dan gurih yang sangat cocok untuk disantap bersama keluarga besar di hari lebaran.

Salah satu kunci masakan sambal goreng kentang akan terasa gurih adalah perpaduan bermacam-macam rempah dan santan kelapa.

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Tubuh Jadi Sejuk, Ini 5 Manfaat Cincau Hijau bagi Kesehatan

Dilansir dari Suara.com, selain membuat masakan terasa lebih lezat, santan kelapa juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho.

Dilansir dari laman hellosehat, ada beberapa manfaat santan kelapa untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Baik untuk Otak

Mengonsumsi santan kelapa dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak. Santan kelapa mengandung asam lemak yang mudah diserap oleh hati untuk diubah menjadi keton.

Baca Juga:Jadi Ciri Khas Kue Nastar, Ini 5 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Keton sendiri diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan energi yang dibutuhkan oleh otak. Selain itu, keton juga dapat membantu orang-orang yang memiliki masalah dengan ingatan seperti Alzheimer. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam santan juga bermanfaat sebagai sumber energi bagi otak.

2. Mengoptimalkan Fungsi Jantung

Mengonsumsi santan dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan fungsi jantung. Hal ini dikarenakan santan memiliki kemampuan menjaga kadar kolesterol baik dalam darah.

Kolesterol baik diperlukan tubuh untuk menjaga pembuluh darah agar bersih dari plak yang berasal dari kolesterol jahat. Penumpukan plak dalam pembuluh darah dapat memicu berbagai masalah serius seperti stroke dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kalap Saat Berbuka Puasa? Ini 5 Bahaya bagi Kesehatan yang Mengintaimu

3. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat mengonsumsi santan kelapa adalah dapat membantu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Santan mengandung asam laurat yang berfungsi untuk membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Bahkan, mengonsumsi santan juga sangat direkomendasikan untuk penderita kanker karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sebuah studi dari Cell Death Discovery menyebutkan bahwa asam laurat memiliki kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker pada pengidap kanker payudara.

Baca Juga: Apakah Minum Kopi saat Sahur Berbahaya untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Santan mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, di dalam santan juga terkandung zat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri, jamur dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Antioksidan dan zat tersebut adalah kombinasi yang pas untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai masalah kesehatan.

Nah, itu dia beberapa manfaat mengonsumsi santan kelapa yang wajib kamu tahu. Meskipun memiliki manfaat yang tidak sedikit, konsumsi santan secara berlebihan juga tetap tidak disarankan, ya.

Claudia