Salat Idul Fitri 1444 H/2023 M, Sabtu (22/4), digelar di Lapangan Kridha Buana Desa dan Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Tarmin Amin)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bagi yang ingin dipanjangkan umurnya dan dilapangkan rezekinya, hendaklah melakukan silaturahmi. Demikian ditegaskan Ustadz Drs H Suroto, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bairuha Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Desa Pule Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Penegasannya tersebut, Sabtu (22/4), disampaikan saat tampil menjadi Katib pada Salat Idul Fitri 1444h/2023 M yang digelar di Lapangan Kridha Buana, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Di hadapan ribuan jamaah Salat Ied yang datang dari wilayah Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, dan sekitarnya tersebut, Pengasuh Ponpes Bairuha LDII itu, mengemukakan tentang pentingnya menjalin silaturahmi, terlebih di hari yang suci Idul Fitri.

Sebab, tambah Suroto, menurut Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Syihab, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) pernah bersabda: ”Barangsiapa ingin dilapangkan pintu rizqi untuknya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali silaturahmi.”
Berkaitan hal tersebut, momentum Lebaran Idul Fitri seperti saat ini, merupakan saat yang tepat untuk melakukan silaturahmi, mengunjungi sanak saudara dan keluarga.

Tokoh Muslim Kecamatan Jatipurno, Tarmin Amin, melaporkan, Salat Ied yang diikuti ribuan umat tersebut, berjalan lancar, aman, tertib dan lancar. Jumlah jamaah kali ini terhitung lebih banyak dibandingkan tahun lalu, karena tidak ada lagi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait Pandemi
Covid-19.

Dua Kali

Ikut hadir para personel Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri, bertugas membantu melakukan pengaturan dan pengamanan untuk menciptakan kelancaran pelaksanaan Salat Ied. Temasuk melaksanakan pengaturan lalu lintas di sekitar jalan menuju ke tempat Salat Ied.

Sementara itu Moch Fahmi dari Panitia Salat Ied, melaporkan, perolehan infak dari para jamaah Salat Idul Fitri yang digelar oleh LDII Pengurus Anak Cabang (PAC) Jatipurno tahun ini, jumlahnya mencapai Rp 10.574.300,-

Sementara itu, ada dua lokasi di Kota Wonogiri yang Hari Sabtu (22/4) dipakai lagi untuk menggelar Salat Idul Fitri 1444 H. Yakni di Pringgondani Wonokarto Wonogiri, menampilkan Imam Ustadz Lutfi Baihaqi dan Katib Abdurrahman. Kemudian di Lapangan Bantarangin Kota Wonogiri, menampilkan Imam dari Ponpes Baitul Quran dan Katib Ustadz Suryo Dwi Pramono.

Salat Idul Fitri 1444 H/2023 M di Masjid Agung At Taqwa depan Kantor Bupati Wonogiri, menampilkan Imam dari MUI dan Katib Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) KH M Zaenal Abidin. Di Sukorejo, Giritirto, Kota Wonogiri, menampilkan Imam Ustadz Asrori SPdI Al Hafidz dan Katib Ustadz Ali Sodiqin SAg, MPdI.

Bambang Pur