blank
Ilustrasi cincau hijau yang kaya akan manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cincau hijau merupakan salah satu tanaman herbal yang populer di Indonesia. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minuman segar yang nikmat dan menyehatkan.

Daun cincau hijau memiliki beberapa senyawa alkaloid yang mengandung vitamin B dan vitamin C yang efektif untuk mencegah diare dan sakit perut. Selain itu, kandungan serat dalam cincau hijau dapat membantu membersihkan saluran pencernaan Anda, sehingga mengurangi sakit perut akibat mulas dan sembelit.

Dilasnir dari Suara.com, tanaman ini dikenal karena kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi serta memiliki kemampuan antioksidan yang sangat baik.

Baca Juga: Jadi Ciri Khas Kue Nastar, Ini 5 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Selain itu, cincau hijau juga memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang membuatnya menjadi bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Mengutip situs Alodokter, berikut adalah beberapa manfaat cincau hijau untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Imunitas

Cincau hijau dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan flavonoid dan polifenol dalam cincau hijau memiliki efek antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Mengandung vitamin C, cincau dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan sistem imun tubuh, maka kita akan lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit dan infeksi.

Baca  Juga: Inilah Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh Kita

2. Cegah Diabetes

Cincau hijau juga diketahui dapat membantu mencegah diabetes. Kandungan polifenol dalam cincau hijau dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin.

Cincau mengandung serat yang dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah dan mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah yang berlebihan setelah makan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Cincau hijau juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan polifenol dan flavonoid dalam cincau hijau dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Selain Tinggi Serat, Ini 6 Manfaat Alpukat yang Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Tumbuhan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan demikian, risiko terjadinya penyakit jantung dapat diminimalisir.

4. Menyembuhkan Diare

Cincau hijau juga dapat membantu menyembuhkan diare. Kandungan tanin dalam cincau hijau memiliki efek astringen yang dapat membantu mengatasi diare.

Kandungan serat pada cincau dapat membantu menyerap air dan membuat tinja menjadi lebih padat. Dengan demikian, cincau hijau dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare.

5. Baik untuk Lambung

Cincau hijau juga baik untuk menjaga kesehatan lambung. Kandungan polifenol dalam cincau hijau memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada lambung.

Cincau hijau juga dapat membantu melindungi sel-sel lambung dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan menjaga kesehatan lambung, maka kita dapat menghindari masalah pencernaan seperti gastritis dan tukak lambung.

Claudia