blank
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ist

BAKAUHENI (SUARABARU.ID)– Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan imbauan agar masyarakat tidak melakukan konvoi pada malam takbiran.

Dia menyarankan agar takbiran dilaksanakan di masjid atau musala saja.Hal ini disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat berada di Pelabuhan Bakauheni, Lampung dalam pemantauan aktivitas mudik, Kamis (20/4/2023).

“Sedapat mungkin hindari konvoi yang kemudian terlalu jauh bisa menggangu, kalaupun ada dibatasi. Apabila dilaksanakan takbir di tempat masing-masing tanpa konvoi tentunya akan jauh lebih baik,” kata Listyo.

Dalam kesempatan itu, Listyo juga meminta kepada seluruh personel di lapangan dapat memastikan kegiatan malam takbiran dan salat id berjalan dengan aman dan lancar. Ia menyebut seluruh satuan wilayah telah mendata titik-titik pelaksanaan ibadah salat id baik yang digelar pada 21 ataupun 22 April 2023.

Naik 20 Persen dari Tahun 2022, Kapolri Sebut Jumlah Pemudik di Tol Cikampek tembus angka 163 ribu.

“Tolong seluruh jajaran mengawasi secara ketat dan lakukan langkah-langkah. Sehingga rangkaian malam takbir bisa dilaksanakan dengan baik, khusyuk dan kegiatan salat id bisa terlaksana dengan aman dan lancar,” tuturnya seperti dikutip suara.com.

Sebagaimana diketahui Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan melaksanakan ibadah salat id pada Jumat (21/4/2023). Ketetapan ini telah diumumkan sejak Februari 2023 lalu berdasar hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H.

Sedangkan pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu (22/4/2023) lusa. Keputusan itu diambil berdasar sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, pada Kamis (20/4/2023) sore kemarin.

wied/suara.com

.