blank
Ganjar memberikan ucapan selamat kepada beberapa pejabat yang baru dilantik. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Jelang akhir masa jabatannya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melantik 11 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Provinsi Jateng. Beberapa di antaranya merupakan wajah lama, yang telah malang melintang mendampingi Ganjar sejak periode pertama.

Pelantikan dilaksanakan usai Shalat Isya dan Tarawih berjamaah, yang diimami Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Selasa (18/4/2023) malam. Selain pejabat struktural, Ganjar juga melantik satu pejabat fungsional.

”Kami terus lakukan refreshment. Kemudian memang beberapa sudah pensiun, jadi mesti diisi. Nanti kami akan siapkan yang tahap kedua, agar ada regenerasi yang bawah bisa naik,” ujarnya.

BACA JUGA: Brida Jateng Punya Banyak Pekerjaan Rumah

Ganjar mengatakan, pelantikan ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang berprestasi. Serta memberikan ruang kompetisi yang sehat, dalam konteks jabatan.

Musababnya, tantangan global berubah dengan cepat. Sehingga Ganjar menginginkan, birokrasi di Jateng tak hanya mampu menjadi anchor dan intermediator, namun juga inovator dan fasilitator.

”PR-nya banyak sekali, agar beberapa pekerjaan besar ini bisa kami selesaikan. Tantangan globalnya berubah, dunia makin multipolar, nggak bisa gitu-gitu saja, teknologi informasi dunia digital sekarang wajib diketahui dan dipahami, maka perlu upgrade up skill dari seluruh ASN-nya,” ucapnya.

BACA JUGA: MUI Jateng Imbau Umat Muslim Tunggu Hasil Sidang Isbat

Ganjar berharap, dengan refreshment atau penyegaran ini, mampu memunculkan inovasi baru. Sehingga bisa mengejar ketertinggalan pada sisa masa jabatan Ganjar-Yasin, pada September mendatang.

”Saya dengan Pak Wagub Gus Yasin tinggal sampai September, kini kita akan lari kencang. Kemiskinan ekstrem-lah, stunting-lah, yang sudah kami kejar infrastruktur, termasuk menyiapkan SDM ke depan,” tegasnya.

Daftar Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik Ganjar, yakni Emma Rachmawati sebelumnya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM diangkat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra.

BACA JUGA: Hanura Didukung Penuh Guru-guru NU

Lalu ada juga, Sujarwanto Dwiatmoko sebelumnya Kepala Dinas ESDM diangkat sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan. Arif Sambodo sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan diangkat sebagai Asisten Administrasi.

Sementara Kadis Koperasi dan UMKM kini dijabat Eddy Sulistyo Bramiyanto yang sebelumnya menjabat Kabiro Perekonomian. Kepala Dinas Sosial Harso Susilo diangkat menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Berikutnya Yasip Khasani diangkat sebagai Kabiro Pengadaan Barang/Jasa.

Selanjutnya Ganjar juga melantik Ratna Kawuri yang sebelumnya Kepala Dinas PM-PTSMP menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Sedangkan jabatannya digantikan Sakina Rosellasari yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

BACA JUGA: Wali Kota Lantik 23 PNS sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas

Ganjar juga melantik Mohammad Arief Irwanto yang sebelumnya Kepala Pengembangan Sumber Daya Manusia, menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Jateng.

Selain itu, Ganjar juga melantik Sinoeng N Rachmadi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM. Edy Supriyanta diangkat sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, serta Wisnu Zaroh sebelumnya Kepala BKD Jateng, menjadi Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama.

Riyan