blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu akan melakukan perjalanan mudik yang cukup jauh? Perjalanan mudik yang cukup jauh tentunya akan menguras energi, hingga membuat kita harus membatalkan puasa.

Ada tips yang bisa kamu lakukan agar puasa tetap lancar selama perjalanan mudik. Simak tips dari Pegipegi ini, agar perjalanan mudik kamu aman dan nyaman, tanpa mengganggu ibadah puasamu.

1. Packing saat malam hari

Saat mudik, kamu tak hanya membawa pakaian dan perlengkapan pribadi, tapi juga beragam oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Urusan packing barang bawaan pun memerlukan tenaga dan ketelitian ekstra. Oleh karena itu, lakukan packing saat malam hari setelah berbuka puasa. Saat kamu sudah punya tenaga lebih, aktivitas packing pun bisa dilakukan lebih maksimal.

2. Sahur dengan menu sehat dan porsi yang cukup

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu tidak melewatkan makan sahur. Mudik membutuhkan energi, baik kamu menggunakan sarana transportasi umum ataupun naik kendaraan pribadi. Berjibaku dengan arus manusia dan kendaraan lain di jalan, bisa menguras energi. Jadi, pastikan kamu mengkonsumsi makanan sehat dan porsi yang cukup agar mempunyai tenaga ekstra.

3. Konsumsi multivitamin

Terkadang, makanan sehat saja belum cukup. Kamu bisa tambahkan konsumsi multivitamin sebagai cadangan energi saat mudik. Untuk wanita, kamu bisa pilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi. Sedangkan untuk pria, pilih yang kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi. Tujuannya, yaitu agar kondisi fisik dalam perjalanan dapat terjaga dengan baik.

4. Pilih waktu keberangkatan di malam hari

Jika perjalanan berlangsung cukup panjang, pilihlah perjalanan di malam hari, karena memungkinkanmu untuk bisa beristirahat secara optimal. Ditambah lagi, kamu bisa bebas makan dan minum selama perjalanan. Jadi, puasa pun tidak akan terganggu.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Jika mudik, gunakanlah pakaian yang nyaman. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan panas. Gunakan pakaian yang sedikit longgar agar bisa bergerak bebas. Bawa jaket atau selimut untuk mengatasi hawa dingin di dalam transportasi mudik.

6. Pastikan baterai smartphone penuh

Tujuannya agar kamu mudah berkomunikasi selama perjalanan. Gunakan smartphone untuk hal yang penting saja agar baterai lebih hemat.

7. Bawa camilan dan makanan cadangan

Jika perjalananmu akan bertemu dengan waktu buka atau sahur, pastikan kamu membawa makanan cadangan dan camilan. Camilan dan makanan cadangan ini juga berguna jika ternyata kamu terpaksa harus membatalkan puasa karena situasi mudik yang berat.

8. Istirahat yang cukup

Sebelum berangkat mudik, pastikan kamu menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan setelah di perjalanan. Salah satu caranya, yaitu dengan tidur dan makan dengan cukup.

Ning S