Pembuatan pinhole memerlukan satu kardus bekas, kertas hvs, alumunium foil, satu jarum, dan lakban atau isolasi. Cara pembuatannya ,kardus bekas dilubangi dan ukurannya bebas, lubang yang dibuat bisa berbentuk persegi atau pun mendatar.

Berikutnya lubang yang ada ditutup kertas alumunium foil. Pada alumunium foil tadi  selkanjutnya dibuat satu lubang menggunakan jarum. Letakan selembar kertas putih  yang nantinya berfungsi sebagai layar pantul di dalam kotak.

“Pada kertas putih inilah nantinya siswa bisa melihat proses terjadi gerhana matahari melalui sebuah lubang kecil yang dibuat kemudian,” jelasnya.

Guru IPA Fisika SMPM PK Kottabarat Surakarta ini menambahkan, dia akan memberikan penugasan mengamati gerhana matahari melalui pinhole dari rumah masing-masing. Mengingat  peristiwa gerhana akan berlangsung 20 April 2023 atau mendekati hari raya Idul Fitri, sehingga  siswa belajar di rumah.

Pada kesempatan terpisah siswa SMPM PK Kottabarat yakni Azka Raqilla Fatan, Khanza Az Zahra dan Juan Diesant Manengku Aji ketika diminta tanggapannya mengemukakan,  membuat pinhole tidak susah, meski baru pertama kali.

“Pembelajaran ini bermanfaat buat saya karena bisa mempelajari cahaya matahari dengan alat yang mudah dan sederhana. Kalau melihat gerhana secara langsung akan membuat mata alat ini sangat diperlukan,” tuturnya

Bagus Adji