blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memasuki 10 hari terakhir Ramadan, bukan berarti ibadah yang dilakukan semakin jarang. Justru di 10 hari terakhir Ramadan ini menjadi momen untuk umat Muslim meningkatkan ibadahnya untuk meraih pahala dari Allah SWT.

Selain itu, pada 10 hari terakhir Ramadan juga memiliki malam spesial yaitu lailatul qadar. Pada malam tersebut, dipercaya lebih baik dari seribu bulan. Dilansir dari Suara.com oleh sebab itu, di 10 hari terakhir ini sangat penting untuk meningkatkan ibadah.

Di luar keistimewaan lailatul qadar sendiri, alasan lain pentingnya meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir Ramadan karena terdapat beberapa amalan yang diutamakan dilakukan untuk meraih berkah dari Allah SWT.

Baca Juga: Ini 5 Amalan Utama di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadan

Mengutip NU Online, Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in menjelaskan, berikut amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada 10 hari terakhir Ramadan.

1. Perbanyak sedekah dan penuhi kebutuhan keluarga

Sedekah menjadi amalan yang dianjurkan pada 10 hari terakhir Ramadan. Selain itu, penting juga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tidak hanya itu, disarankan bagi umat Muslim untuk berbuat baik dengan kerabat atau tetangga. Ini bisa dengan berbagai hal sederhana, bahkan jika hanya dengan segelas air putih.

2. Membaca Al Quran

Membaca Al Quran pada dasarnya hal yang dianjurkan selama bulan Ramadan. Namun, pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, membaca Al Quran sangat dianjurkan karena memberikan keutamaan bagi para pembacanya.

Sementara itu, disarankan untuk membaca di akhir malam karena disebut fokus sehingga lebih khusyuk.

3. Iktikaf

Pada 10 hari terakhir Ramadan, umat Muslim juga dianjurkan untuk melakukan iktikaf. Dengan iktikaf, seseorang dapat menjadi lebih fokus untuk beribadah di akhir bulan Ramadan. Iktikaf sendiri juga kebiasaan yang sering Rasulullah lakukan saat bulan Ramadan.

Itu dia beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadan. Dengan menjalankan ibadah-ibadah di atas, seseorang akan meraih pahala dari Allah SWT.

Selain itu, meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir Ramadan juga berpotensi membuat orang tersebut meraih lailatul qadar yang dipercaya lebih baik dari seribu bulan.

Claudia