blank
Ilustrasi stawberry. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah dan sayur menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah dan sayur juga dapat membantu kita menyembuhkan diri sendiri. Berbagai tanaman sayuran serta buah-buahan yang dihasilkan dari alam tanpa tersentuh obat-obatan kimia dalam pertumbuhannya, jika dikonsumsi tentu sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Biasanya, kita sering membeli sayuran, buah, bahan makanan lain dalam jumlah tidak sedikit untuk stok di rumah. Efisiensi waktu menjadi pilihan agar tidak bolak-balik pergi belanja.

Dilansir dari Suara.com untuk itu, penting bagi kita mempelajari bagaimana cara menyimpan sayur dan buah agar bertahan lama sebelum memasukkannya ke dalam lemari pendingin.

Baca Juga: Tips Anak Rewel Tidur Malam

Dikutip dari beberapa sumber seperti naturethecure dan alodokter, kelimacontoh berikut ini bisa kita praktikkan sesegera mungkin. Mari kita simak bersama.

1. Kentang

Kentang merupakan tanaman holtikultura yang memiliki kandungan karbohidrat. Tumbuh menjalar dan menyemak dengan daun berwarna ungu atau hijau kemerahan, batangnya berbentuk segi empat.

Kentang memiliki sejumlah manfaat diantaranya memelihara kesehatan jantung, otak, pencernaan dan tulang, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah termasuk cocok sebagai menu diet andalan.

Baca Juga: Tips Olahraga Ringan Selama Bulan Puasa

Tak heran tanaman sayur satu ini disukai banyak orang. Cara menyimpan kentang yang kita beli agar bisa tahan lama adalah letakkan di dalam wadah dari kertas bersama apel di dalamnya untuk mencegah tumbuhnya kecambah atau tunas pada kentang.

2. Selada

Lactuca Sativa atau selada merupakan sayuran kaya antioksidan yang berguna untuk memperkuat fungsi sel tubuh. Biasa dimakan mentah sebagai lalapan hingga diolah menjadi sandwich, sup bahkan bisa dipanggang.

Sayur yang tumbuh di daerah tropika maupun beriklim sedang ini mampu menangkal radikal bebas berkat kandungan antosianin, beta karoten dan vitamin C yang tinggi. Selain itu selada juga dapat mencegah dehidrasi dan bagus untuk kesehatan mata.

Baca Juga: Tips Membeli Barang Secara Online

Cara terbaik untuk mendapatkan selada yang tetap segar meski disimpan adalah dengan didiamkan selama 30 menit di dalam wadah berisi air dingin untuk menjaganya tetap renyah.

3. Strawberry

Buah berwarna merah dengan bintik kuning yang manis sangat lezat dijadikan minuman maupun dimakan langsung. Kandungan antioksidan dan vitamin C seperti ellagic acid, phytochemicals, phenolic dan flavonoid berguna mencegah mata kering, degenerasi makula dan katarak.

Tak cukup disitu saja, ternyata buah strawberry juga kaya manfaat untuk kecantikan wajah diantaranya sebagai anti aging alami, mencegah timbulnya jerawat, membuang sel kulit mati, melindungi dari sinar UV dapat menjaga tekstur kulit.

Baca Juga: Tips Mudah Menghadapi Anak Susah Makan

Supaya tetap awet dalam waktu yang panjang simpan buah dengan nama latin Fragaria Vesca ini dalam toples kaca.

4. Lemon

Lemon atau limau dalam bahasa Portugis merupakan sejenis jeruk yang buahnya kerap dijadikan penyedap dan penyegar berbagai makanan seperti lemon curd, marmalade, lemon liqueur.

Buah berwarna kuning cerah ini mengandung banyak fitokimia, termasuk polifenol, terpen dan tanin. Bersifat diuretik atau obat yang berguna untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalai urine.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Matic Agar Selalu Keadaan Prima

Fungsinya bagi kesehatan tubuh tidak dapat diragukan lagi yaitu sebagai pelindung tubuh dari anemia, menyeimbangkan pH tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bisa mengontrol berat badan. Supaya lemon dapat bertahan hingga 3 bulan lamanya simpanlah dalam wadah seperti toples kaca yang diisi air dan letakkan dalam lemari es.

5. Alpukat

Alpukat yang sudah dibuka dapat bertahan hingga 5 hari apabila kita menyimpannya dalam wadah yang dapat digunakan kembali dengan meletakkan bawang di bagian bawahnya. Bagi ibu hamil, Persea Americana ini sangat cocok dikonsumsi sebagai sumber lemak sehat yang berperan mendukung perkembangan otak dan mata janin.

Tanaman yang tumbuh subur dengan hasil memuaskan pada ketinggian 200-1000 mdpl ini dapat menutrisi dan menguatkan rambut karena kandungan potasium dan asam amino yang dimilikinya.

Demikianlah berbagai cara yang bisa kita tempuh untuk mendapatkan sayur dan buah tetap fresh meski kita simpan dalam waktu yang lama. Jangan lupa praktikkan, ya.

Claudia