blank
Diorama patung-patung yang menceritakan perjalanan Yesus, di antaranya Yesus yang disalib dijaga para vtentara Romawi yang merupakan bagian Jalan Salib. Fto: Widiyartono R.

HARI ini umat Kristiani masih berada dalam rangkaian perayaan Paskah, yang berlangsung sejak 40 hari lalu, diawali dengan Rabu Abu 22 Februari 2023 lalu. Sejak saat itu umat Kristiani berada dalam suasana  puasa sampai pada puncak Paskah, Minggu 9 April 2023 esok pagi.

Setelah menjalani prosesi Minggu Palma, 2 April 2023 yaitu mengenang sengsara Yesus, diawali dengan kedatangannya ke Yerusalem, yang disambut warga dengan lambaian daun palma. Kemudian Kamis Putih, 6 April 2023, Yesus mencuci kaki murid-muridnya.

Pada malam Kamis Putih itu, gereja-gereja juga melakukan ritus mencuci kaki jemaat. Kemudian Sabtu malam 8 April 2023 nanti, jemaat/umat juga melakukan ibadah Sabtu Sunyi, yang mengenangkan peristiwa wafatnya Yesus, dan para murid merasa kehilangan dan tak punya pegangan. Karena Tuhannya telah mati.

Dan esok pagi, Minggu 9 April 2023, umat pun merayakan kemenangan, dengan kebangkitan Yesus dari kuburnya. Peristiwa kebangkitan Yesus dari kematiannya inilah yang dikenal dengan perayaan Paskah.

Nah, senyampang masa Paskah, kali ini suarabaru.id menyajikan tulisan tentang Gua Maria Kerep di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jateng.

Tempat ini menjadi destinasi wisata ziarah umat Katolik. Tetapi tempat ini juga terbuka bagi siapa pun yang hendak berkunjung.

Akses Mudah

Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA), merupakan tempat ziarah umat Katolik, khususnya, yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Panjang, Ambarawa. Tempat ini merupakan tempat untuk berdoa, berziarah, berkontemplasi, dan menyegarkan diri.

blank
Diorama patung Yesus naik perahu bersama Simon, dan mengajak Simon menjadi penjala manusia. Foto: Widiyarton R.

Sangat gampang menuju Gua Maria Kerep Ambarawa. Di jalur utama Semarang-Yogya, tepatnya di depan Terminal Ambarawa, ada jalan masuk kira-kira sejauh 500 meter.