Silakan pilih di mana, bebas, dan tidak ada yang mengatur alias tidak ada petugas parkirnya. Begitu masuk kita akan melihat patung Bunda Maria yang begitu megah dan indah, yang menjadi ikon GMKA. Patung ini setinggi 42 meter dan diresmikan pada tahun 2015.

Setelah memarkir kendaraan, kita berjalan menuju kompleks Gua Maria Kerep. Kemudian kitab isa menghayati perziarahan di sini. Berdoa di pelataran gua secara lesehan di lantai keramik, atau bisa memilih tempat yang lain, misalnya di depan patung Yesus disalib, atau tempat yang lalin.

Sambil terus menapaki jalan setapak, kitab isa merasakan keindahan tempat ini. Di tebing bagian utara, terdengar gemericik air sungai yang mengalir jauh di bawah, dengan pohon-pohon bambu di lerengnya.

blank
Tak hanya umat Kristiani saja yang datang ke sini. Siapa pun boleh datang menikmati kesejukan taman Gua Maria Kerep Ambarawa. Foto: Widiyartno R.

Kemudian terus berjalan, kita menemukan toilet dengan banyak bilik, untuk melayani peziarah yang membutuhkan.

Taman Penuh Diorama

Di GMKA juga terdapat taman yang indah dan luas. Ada diorama berupa patung yang menggambarkan Yesus naik perahu kemudian mengajak Simon yang nelayan berlaih dari penjala ikan menjadi penjala manusia.