blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat menjalani ibadah puasa, banyak orang merencanakan untuk makan apa saja ketika saat berbuka puasa tiba. Hingga ketika saatnya berbuka puasa, makan secara berlebihah atau umumnya disebut balas dendam.

Hal tersebut bisa memicu beberapa masalah yang tak nyaman. Mulai dari perut yang terasa penuh hingga tidak bisa bernapas. Sehingga membuat aktivitas ibadah menjadi terhambat.

Dilansir dari Suara.com untuk itu, perlunya mengatasi dengan cara yang tepat ketika kamu mengalami kekenyangan saat buka puasa, agar bisa beraktivitas dengan nyaman terutama saat melaksanakan ibadah tarawih.

Baca Juga: Kalap Saat Berbuka Puasa? Ini 5 Bahaya bagi Kesehatan yang Mengintaimu

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi kekenyangan seperti yang telah dilansir dari halodoc.com.

1. Berganti pakaian yang lebih longgar

Tips yang pertama ketika kamu mengalami kekenyangan saat buka puasa adalah berganti pakaian. Jika sebelumnya kamu menggunakan pakaian yang sempit, hendaknya kamu mengganti pakaian yang lebih longgar. Tujuannya adalah agar tidak membuat sesak, serta pakaian yang ketat bisa menekan lambung dan bisa membuat proses pencernaanmu terganggu. Jadi, ketika makan dengan berpakaian ketat, usahakan segera melonggarkannya ya.

2. Hindari berbaring

Ketika kamu mengalami kekenyangan saat buka puasa, hendaknya jangan langsung berbaring. Walaupun berbaring setelah makan memang terkesan nyaman, namun hal tersebut sebenarnya mebuat kamu terasa tidak nyaman karena perut bisa begah.

Selain itu posisi berbaring ketika merasa kekenyangan bisa memicu asam lambung dan gangguan pernapasan. Jadi ketika kamu ingin berbaring, hendaknya kamu menunggu kurang lebih 3 jam setelah makan.

Baca Juga: Tips Puasa Di Daerah Yang Paling Lama Waktunya

3. Coba berdiri dan jalan kaki

Kamu bisa mencoba melakukan gerakan sederhana untuk mengatasi kekenyangan dengan berjalan kaki sebentar atau berdiri. Kamu juga bisa melakukan aktivitas yang lain seperti mencuci piring atau membereskan meja makan. Gerakan sederhana tersebut berguna untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

4. Minum air hangat

Saat kamu mengalami kekenyangan, perut akan terasa penuh dan tidak sanggup untuk mengisi apapun. Namun, kamu bisa mencoba untuk minum air hangat untuk melancarkan sistim pencernaan. Tetapi pastikan untuk minum secara perlahan sehingga perut kamu tidak semakin bertambah penuh.

5. Minum obat

Jika kekenyangan yang kamu alami hingga berdampak pada sesak dan sakit perut, segeralah untuk minum obat antasida. Obat antasida bisa mengatasi maag serta meredakan perut yang begah dan kembung. Selain itu bisa juga mengatasi asam lambung yang naik.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika mengalami kekenyangan saat buka puasa. Untuk itu, pentingnya memperhatikan porsi yang dikonsumsi agar tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

Claudia