blank
Hasil undian cabor sepak bola SEA Games XXXII/2023 di Kamboja. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Timnas Indonesia U22 tergabung dalam Grup A cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023. Dalam undian yang dilakukan di Phnom Penh, Kamboja, Rabu (5/4/2023), Indonesia dipastikan bergabung bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Sedangkan di Grup B akan menjadi grup neraka, dengan bergabungnya Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Laos, dalam satu grup.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan, sekalipun situasi sepak bola Nasional masih dibayangi ancaman sanksi FIFA, tapi PSSI berharap besar, tetap dapat tampil di ajang multievent Asia Tenggara ini.

BACA JUGA: Rest Area Pendapa KM 456 Salatiga Belum Tersedia SPBU

”Bismillah. Tidak ada lawan yang mudah. Kita mesti berjuang keras untuk dapat menuntaskan misi merebut medali emas SEA Games,” ujar Erick, Rabu (5/4).

Saat ini, imbuhnya, PSSI sedang berjuang keras agar ancaman sanksi FIFA pada Indonesia dapat dihindari, seminimal mungkin. PSSI berharap, dinamika seputar Piala Dunia U20 tidak mempengaruhi keikutsertaan Indonesia pada ajang lain, seperti SEA Games.

”PSSI hingga kini terus menjalani komunikasi dengan FIFA. Harapannya, agar kita bisa tampil di SEA Games, untuk merebut medali emas yang terakhir kali diraih pada SEA Games 1991 Manila,” ungkap Erick.

BACA JUGA: Gilbert Agius Belum Pastikan Kondisi Trio Penyerang PSIS Fit

Senada dengan Erick, pelatih Tim U22, Indra Sjafri menyatakan, skuad Merah Putih sudah siap tempur, dalam mengarungi laga Grup A, yang akan berlangsung mulai 5 Mei 2023. Untuk melengkapi skuad Timnas SEA Games, sejumlah pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U20 juga dipanggil.

”Kami juga memanggil sejumlah pemain Tim U20, untuk mengikuti pemusatan latihan Tim U22. Setelah melihat hasil drawing, saya selalu bicara dengan pemain, siapapun lawannya, kita harus tetap fokus, waspada, dan kerja keras untuk bisa menjadi yang terbaik,” tutur Indra Sjafri.

Riyan