blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Selama bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan puasa dari subuh hingga terbenamnya matahari. Agar tubuh tetap prima dan aktivitas tidak terganggu, perlu diperhatikan pola hidup yang sehat dengan asupan gizi yang seimbang.

Dilansir dari Suara.com, ternyata aturan makan atau pola makan selama puasa Ramadan juga diatur dalam Al-quran dan hadist.

Dilansir dari laman NU Online, berikut ini lima aturan dan tips makan selama bulan Ramadhan sesuai dengan Al-quran dan hadist.

Baca Juga: Ini 3 Bahan Herbal Alami yang Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Puasa

1. Sahur

Sebelum menjalankan ibadah puasa, umat Islam disunahkan untuk melaksanakan sahur. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan dari Anas ra, Rasulullah saw bersabda, “Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu mengandung keberkahan.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Anjuran untuk melaksanakan sahur memiliki maksud dan tujuan yaitu agar umat muslim memiliki persediaan energi sehingga ketika siang hari di bulan Ramadhan bisa tetap produktif dalam aktivitas dan mendatangkan keberkahan.

2. Makanan Seimbang

Dalam Al-quran surat Al-A’raf, ayat 31 dijelaskan bahwa setiap muslim dalam makan dan minum tidak boleh secara berlebihan. Hal ini dikarenakan Allah tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan. Sehingga dalam berpuasa Ramadhan, ketika sahur dan berbuka sebaiknya makan dan minum secukupnya.

Agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi, maka umat muslim perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang yang mengandung makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, vitamin, dan serat.

Baca Juga:Tips Diet Sehat Ketika Berpuasa

3. Kurangi Makanan Berlemak

Saat berbuka dan sahur sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang berlemak. Hal ini dikarenakan makanan yang berlemak dapat meningkatkan risiko sakit perut dan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi makan gorengan dan perbanyak makanan yang lebih sehat seperti sayur dan buah.

4. Berbuka dengan Kurma dan Air Putih

Aturan berbuka puasa juga diatur Islam dalam sebuah hadist yang artinya. “Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmidzi).

Selain mengikuti sunnah Rasul, berbuka dengan kurma atau air putih dapat membantu mengembalikan kadar gula darah yang rendah. Tubuh juga akan terhidrasi kembali setelah berpuasa sepanjang hari.

5. Makan Makanan Halal

Dalam menyantap menu buka puasa dan sahur bahkan menu makanan sehari-hari, umat Islam perlu memastikan bahwa makanan tersebut halal. Baik itu halal dalam wujudnya maupun halal karena asal muasalnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 163, yang artinya sebagai berikut.

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS Al-Baqarah: 163).

Demikian informasi tentang aturan makan selama bulan Ramadhan sesuai dengan Al-Quran dan Hadist. Dengan mengikuti aturan tersebut, maka diharapkan umat Islam mendapatkan keberkahan dari puasa Ramadan.

Claudia