blank
Ketum KONI Jateng, Bona Ventura (kedua dari kanan), memimpin Rakor bersama pengurus KONI Pati Raya, guna mematangkan dan memantapkan persiapan Porprov XVI/2023. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana mengatakan, pihaknya menggelar rapat koordinasi bersama pengurus KONI Pati Raya, guna mematangkan dan memantapkan persiapan Porprov XVI/2023.

Dalam pertemuan itu, KONI Jateng membedah sejumlah masalah yang terjadi di lapangan dalam persiapan Porprov 2023. Para Ketua KONI dari wilayah Pati Raya itu, kemudian satu per satu memaparkan laporan persiapannya, dalam acara yang dilaksanakan di Kantor KONI Jateng, Kompleks GOR Jatidiri, Semarang, Kamis (30/3/2023).

Dalam sharing itu hadir Kabid Keolahragaan Disporapar Jateng Aria Chandra Destianto, Ketua Harian KONI Bambang Rahardjo Munadjat, Wakil Ketua Umum IV Amir Machmud NS, Wakil Ketua Umum V Sudarsono, dan Sekum Achmad Ris Ediyanto.

BACA JUGA: Mahasiswa Ilkom USM Sosialiasi Keterampilan Konten Kreator Pemula di SMKN 1 Pringapus

Hadir juga Kabid Hukum M Ali Purnomo, Kabid Media dan Humas Darjo Soyat, serta para pengawas internal. Ada pula perwakilan Disporapar Jateng, pengurus inti KONI dari Pati, Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan Grobogan, serta Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati.

Pada kesempatan itu Bona menyampaikan, semua permasalahan terkait dengan persiapan pelaksanaan Porprov 2023, harus selalu dikomunikasikan. Enam kabupaten itupun kemudian menyampaikan paparan kesiapannya, sebagai tuan rumah multieven yang dijadwalkan berlangsung 5-11 Agustus 2023.

”Memang masih ada sejumlah persoalan yang mengemuka dalam rapat. Mulai dari venue, akomodasi, jadwal pertandingan, termasuk alokasi anggaran. Kita ingin Porprov itu sukses penyelenggaraan, prestasi, dan administrasi,” kata Bona usai acara.

BACA JUGA: Biomedik Unissula Raih Akreditasi Unggul

Dijelaskannya, pada rapat juga dibahas tentang kesiapan Pati sebagai lokasi pembukaan Porprov 2023, dan Jepara sebagai tempat penutupan. Grobogan juga menyampaikan kesiapannya dalam agenda pengambilan api abadi dan Kirab Mrapen.

Ketua Umum PB Porprov itu juga berharap, pada April depan semua persoalan yang menyangkut venue, akomodasi, jadwal pertandingan, agenda opening dan closing ceremony Porprov, bisa tuntas. ”Secara umum persiapan Porprov sudah mencapai 70 persen,” imbuhnya.

Sedangkan Wakil Ketua Umum II KONI, Soedjatmiko menambahkan, Porprov 2023 akan diikuti 9.500 atlet dan ofisial, di luar itu ada tim pendukung. Untuk entry by number sudah harus masuk pada April, dan entry by name pada Mei.

BACA JUGA: Persit KCK PD IV/Diponegoro Ziarah ke TMP Giri Tunggal

Sementara itu, Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati menyatakan, secara umum daerahnya siap menyelenggarakan Porprov. Bahkan, kata Mbak Etik, sapaan akrabnya, untuk akomodasi pihaknya sudah menyiapkan hotel terbaik bagi para atlet dan pelatih.

Ketua Umum KONI Blora, Hery Sutiyono menambahkan, untuk venue khususnya lapangan tenis indoor, sudah ditambah lampu penerangan, serta toilet portabel. Pihaknya juga sudah mengantisipasi penambahan cabang baru, yang sebelumnya tidak digelar di Blora, yaitu menembak.

”Yang masuk kuota di Blora ada 701 atlet dan pelatih, ditambah 141 panitia serta wasit, serta technical delegate. Namun secara total, dengan tim pendukung tenaga lokal mencapai 1.841 orang. Untuk tamu VIP, akomodasinya kami arahkan ke hotel Ammi Cepu,” ujar mantan pelatih Nasional cabang atletik itu.

BACA JUGA: Tarling Ramadan jadi Media Percepatan Penanganan Kemiskinan dan Stunting

Ketua Umum KONI Grobogan, Fatchur Rahman mengakui, ada beberapa kendala yang dihadapi. Salah satunya soal venue GOR Simpang Lima Purwodadi, yang dipakai untuk voli indoor, ternyata juga diminati cabang drumb band, yang sebelumnya direncanakan dilakukan di Gedung Serba Guna.

”Selain itu, kami masih perlu memastikan model acara Kirab Api Abadi Mrapen. Konsep kami nantinya, ada obor yang dibawa, satunya ke Blora, satunya ke Kudus atau Jepara dan bertemu di Pati. Atlet dunia panjat tebing, Aries Susanti Rahayu, dan peraih emas tolak peluru PON Papua, Irfan Toni Saputra dari Grobogan, rencananya kami libatkan untuk agenda ini,” ungkap dia.

Dalam rapat itu, Kelapa Dinporapar Pati, Rekso Suhartono, Ketua Umum KONI Rembang Vivit Dina Rini Atnasari, Ketua Umum KONI Kudus Imam Triyanto, serta Ketua Umum KONI Jepara Samsul Anwar, juga menyampaikan paparan kesiapan daerahnya sebagai tuan rumah Porprov.

Riyan